Jumat, 11 Januari 2013

Produk Olahan Bawang Merah

Masih berbicara tentang bawang merah. Kali ini kita mencoba melihat potensi pemasaran bawang merah selain dalam bentuk segar. Ternyata, selain dalam bentuk umbi segar, bawang merah juga berpotensi dipasarkan dalam bentuk produk olahan. Menariknya, pemasaran bawang merah dalam bentuk produk olahan berpotensi memberikan harga jual yang lebih baik.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa saja produk olahan bawang merah tersebut? Berikut adalah beberapa produk olahan bawang merah yang banyak ditemukan di pasaran dan memiliki prospek bisnis yang bagus, yaitu:

a. Bawang goreng

Mungkin bawang goreng tidak asing lagi bagi Anda. Produk ini banyak dibutuhkan dalam berbagai kuliner nusantara. Misalnya untuk taburan pelengkap nasi goreng, soto, bakso dan lain-lain. Tidak hanya itu bahkan beberapa kue tradisional menggunakan bawang goreng sebagai penghias dan penyedap rasa. Misalnya kue ghasidah, kue tradisional melayu yang dibentuk seperti kerucut kemudian pinggirnya digunting-gunting sehingga membentuk sisik seperti kulit nanas. Selanjutnya pada bekas guntingan tersebut diselipkan satu atau dua helai bawang goreng.

Mengingat banyaknya fungsi bawang goreng dalam kuliner nusantara. Maka peluang usaha bawang goreng ini juga akan semakin terbuka lebar. Mengingat, orang-orang mulai mencari segala sesuatu yang praktis dan siap pakai.

Proses pengolahan bawang goreng ini tidak terlalu sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Dan sangat memungkinkan untuk dikembangkan dengan modal yang minim. Saat ini sudah banyak kaum ibu yang mencoba mengembangkan usaha bawang goreng ini dalam skala home industri. Jika Anda tertarik mengambil peluang ini, mengapa tidak?

b. Bumbu pasta instan

Apa yang dimaksud dengan bumbu pasta instan? Bumbu pasta instan adalah bumbu siap saji yang dibuat dalam bentuk pasta. Terbuat dari berbagai campuran bumbu dan rempah, sesuai dengan kegunaan bumbu tersebut. Misalnya bumbu gulai, bumbu rendang, bumbu semur dan sebagainya. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk masing-masing kuliner tersebut sudah disatukan, dan dibuat dalam bentuk pasta. Jadi, ketika Anda ingin memasak tidak perlu lagi menggiling cabe, bawang dan campuran bumbunya. Karena bumbu pasta instan sudah tersedia dan siap digunakan langsung. Bumbu pasta instan dewasa ini semakin dibutuhkan. Terutama untuk kaum ibu yang sibuk dengan rutinitas kariernya dan tetap ingin menyajikan kuliner nusantara yang kaya bumbu bagi keluarganya.

c. Tepung bawang

Tepung bawang adalah produk olahan dari bawang merah melalui proses pengeringan dan penggilingan hingga berbentuk tepung. Proses pengolahan ini menghasilkan produk olahan bawang instan berbentuk tepung yang siap pakai.

d. Bawang giling

Produk olahan lain yang mungkin dihasilkan dari umbi bawang ini adalah produk dalam bentuk bawang giling. Bawang giling adalah produk olahan bawang yang dihasilkan melalui proses penggilingan atau penghancuran dengan menggunakan blender. Produk ini tidak tahan lama, namun memiliki keunggulan aroma dan cita rasanya yang alami.

Demikian, empat bentuk produk olahan dari bawang merah. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan tambahan dari umbi bawang merah ini.

Oleh: Neti Suriana

0 comments :

Poskan Komentar