Jumat, 28 Desember 2012

Pemimpin yang Amanah

Sudah berapa kali kita melihat terkuaknya kasus korupsi di televisi?. Sudah berapa kali kita mendengar dan membaca dari radio ataupun surat kabar serentetan nama yang tersandung korupsi?. Bukanlah sudah berapa banyak yang kita ketahui nama-nama pelaku moral hazard ini, pertanyaan terbesar untuk kita adalah sudah bosankah kita akan perilaku pemimpin yang seperti ini?.

Perilaku buruk para pemimpin baik di daerah maupun pusat sangat tidak pantas untuk ditiru. Perbuatan ini hanya akan merusak martabat bangsa dan menghilangkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Padahal tidak sedikit juga para pejabat pemerintah yang masih jujur dan mampu memegang amanahnya dengan baik.

Setelah masa Orde Baru kebangkitan demokrasi di Indonesia mencuat dan mengakar ke dalam hati masyarakat. Hal ini dikarenakan atas rasa tidak nyamannya masyarakat kepada pemerintah. Sehingga masyarakat, mahasiswa, LSM, dan badan lainnya turun ke jalan dan berhasil menurunkan presiden Soeharto dari jabatannya. Kemudian Dr. Ir. Bj. Habibie pun naik menjadi presiden, walaupun hanya dalam kurun waktu yang sangat singkat dalam sejarah kepemimpinan di Indonesia.

Kebobrokan pada masa Orde Baru sedikit banyaknya telah ditinggalkan, dengan membuat berbagai peraturan untuk menutup kemungkinan hal ini terjadi kembali. Contohnya saja penghapusan dwifungsi ABRI. Sehingga setiap angkatan bersenjata yang mau masuk dalam kancah politik harus mengundurkan terlebih dahulu dari kesatuannya.

Tetapvi, moral yang buruk oleh pemimpin pada masa dahulu terwariskan dengan baik sampai saat ini. Tingkat korupsi di Indonesia tetap saja berada pada angka yang tinggi. Setiap peraturan dan UU menjadi permainan para pemimpin ini. KPK yang bertugas sebagai pemberantas korupsi diombang-ambingkan kesana-kemari oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Baik dari pihak kepolisian, pejabat, dan pihak lainnya. Jika tidak ada jaminan keamanan yang baik untuk KPK, bagaimana mungkin KPK dapat melakukan penyelidikan dengan tenang dan bagaimana masyarakat dapat tahu setiap kebusukan para pemimpin di bangku pemerintahan ini. Apakah setiap kebusukan ini mau terus mengendap di dasar dan kemudian tercium kemudian ketika pelaku telah melarikan diri atau wafat terlebih dahulu?.

Bukan. Bukan seperti ini pemimpin yang diinginkan oleh rakyat Indonesia. Buat apa banyak orang berlomba-lomba hanya untuk mendapatkan bangku di DPR atau bangku pemerintah lainnya, jika tujuannya hanya semata pada kekuasaan dan untuk mengeruk keuntungan pribadi semata. Pemimpin yang diinginkan rakyat ini adalah pemimpin yang amanah, yang mampu mengemban beratnya tanggung jawab seorang pemimpin. Yang mampu dan siap melaksanakan tugasnya untuk memajukan negara ini. Yang mampu merelakan setiap kesenangan pribadi demi kesejahteraan bersama. Yang mau melihat dan peka kepada penduduknya. Yang sanggup mengatakan tidak kepada setiap kejahatan di negara ini. Dan yang terpenting adalah mau melakukan itu semua hanya karena mengharapkan balasan dari Allah SWT.

Pemimpin seperti inilah yang dibutuhkan negara kita tercinta ini. Akan tetapi, sosok pemimpin seperti ini tidaklah mudah diperoleh dalam kurun waktu yang singkat. Dibutuhkan waktu dan proses yang lama untuk menemukan dan mencetak generasi pemimpin bangsa yang berkualitas. Untuk memperoleh ini dibutuhkan perkembangan disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh setiap anak Indonesia. Selain disiplin ilmu dibutuhkan pendidikan akhlak yang baik juga. Karena akhlak ini akan menyaring setiap aktifitas individu agar selalu berada dalam koridor aturan ajaran agama islam.

Menjadi pemimpin merupakan amanah yang sangat berat. Karena tanggung jawab pemimpin adalah jutaan orang yang menjadi warga negaranya. Oleh karena itu, janganlah permainkan masyarakat ini dengan setiap janji yang ditawarkan para calon pemimpin. Berikanlah yang terbaik kepada masyarakat Indonesia wahai para calon pemimpin bangsaku yang tercinta ini.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan

Sukuk

Keberadaan ekonomi syariah di Indonesia menimbulkan berbagai bentuk perubahan baru di segala sektor perekonomian. Akan tetapi, yang menjadi fokus utama ekonomi syariah adalah sektor riil. Karena sektor riil menjamin bentuk investasi dan bentuknya dapat secara nyata dinikmati oleh banyak pihak. Sektor moneter juga penting. Namun, saat ini Indonesia lebih tepat jika dikembangkan lebih kepada sektor riil, bukan hanya sektor moneter semata. Selain aliran investasi ditanamkan dengan pasti di Indonesia, kita juga memperoleh rasa aman apabila investor dalam suatu waktu ingin menarik dana investasinya dalam jumlah yang besar. Jika hanya sektor moneter saja, terdapat kekhawatiran akan jatuhnya perekonomian negara jika investor menarik dananya.

Ekonomi syariah memberikan bentuk baru di dalam pasar modal di dunia. Pasar modal menyerupai saham, dan obligasi (surat hutang). Bentuk awal dari saham dan obligasi syariah menyerupai konvensional. Namun, di dalam pengelolaan dan tujuan baik dari perusahaan yang membutuhkan modal dan investor haruslah sesuai dengan ketentuan syariah. Sehingga bentuk investasi di sektor yang terindikasi adanya riba, gharar, maysir (judi), dll harus dihapuskan.

Sukuk merupakan istilah bagi obligasi syariah. Obligasi syariah atau sukuk merupakan surat hutang yang keluarkan oleh perusahaan atau pemerintah (emiten) untuk menyerap dana dari investor dan mengelolanya tanpa melanggar ketentuan syariah. Keuntungan pemegang sukuk adalah bagi hasil/ margin/ fee yang dibayarkan ketika telah jatuh tempo. Tidak seperti riba, dan sukuk termasuk kepada surat berharga jangka panjang.

Sukuk juga dikenal dengan berbagai jenis yang secara internasional dan telah mendapatkan endorsement dari Accounting and Auditing Organisation for Islamic Financial Institution (AAOIFI) dan diadopsi dalam UU No. 19 Tahun 2008 tentang SBSN, antara lain:

a. Sukuk Mudharabah. Yaitu sukuk yang berdasarkan akad mudharabah di mana satu pihak yang menyediakan modal dan pihak lain sebagai pekerja yang memiliki keahlian. Keuntungan dari kerja sama ini berdasarkan nisbah (persentase) bagi hasil yang telah ditetapkan bersama dan apabila mengalami kerugian maka pemilik modallah yang menanggung sepenuhnya. Sedangkan pekerja rugi waktu dan manajemen pengelolaan.

b. Sukuk Musyarakah. Yaitu sukuk yang diterbitkan berdasarkan akad musyarakah. Di mana kedua belah pihak bekerja sama menggabungkan modal untuk membangun proyek baru, atau mengembangkan proyek yang sudah ada, atau membiayai suatu usaha. Keuntungan maupun kerugian ditanggung bersama sesuai dengan jumlah ketersediaan modal dari masing-masing pihak.

c. Sukuk Ijarah. Yaitu sukuk yang diterbitkan berdasarkan perjanjian atau akad Ijarah di mana satu pihak bertindak sendiri atau melalui wakilnya menjual atau menyewakan hak manfaat atas suatu aset kepada pihak lain berdasarkan harga dan periode yang disepakati, tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan aset itu sendiri. Sukuk Ijarah dibedakan menjadi Ijarah Al Muntahiya Bittamlik (Sale and Lease Bank) dan Ijarah Headlease and Sublease.

d. Sukuk Istisna. Sukuk ini diterbitkan berdasarkan akad istisna di mana para pihak menyepakati jual beli dalam rangka pembiayaan suatu proyek/ barang. Adapun harga, waktu penyerahan, dan spesifikasi proyek/ barang ditentukan terlebih dahulu berdasarkan kesepakatan.

Selain itu ada juga Sukuk Mudharabah Konversi, yaitu sukuk syariah yang diterbitkan oleh emiten berdasar prinsip mudharabah dalam rangka menambah kebutuhan modal kerja, dengan opsi investor mengkonversi obligasi menjadi saham emiten pada saat jatuh tempo (maturity).

Oleh : Ahmad Azhari Pohan

Kamis, 27 Desember 2012

Sifat berdasarkan tanggal lahir Part.2

Tanggal 8

Anda memiliki bakat khusus dalam berbisnis karena anda mampu membuat gagasan dan rencana yang berskala besar. Umumnya anda dapat diandalkan dalam soal uang dan juga dipercaya. Sangat penting bagi anda untuk mempunyai bisnis sendiri karena anda mempunyai keinginan kuat untuk mengambil keputusan akhir.

Tanggal 9

Anda adalah pribadi yang luhur dan idealis. Lebih banyak memberi dibandingkan menerima. Anda orang yang berwawasan luas dan piawai dalam seni. Anda sangat tertarik dalam bidang metafisika dan menghubungkannya dengan apa yang terjadi pada dunia ini. Pernikahan akan berakhir di tengah jalan hidup anda baik karena perpisahan, perceraian maupun kematian. Anda kurang peduli pada hal materi sehingga anda sulit mendapatkan jodoh. Meskipun demikian, pernikahan anda akan berbahagia jika anda dapat menemukan pasangan yang memiliki idealisme yang sama dengan diri anda, walaupun secara materi anda akan kekurangan.

Tanggal 10

Anda orang yang memiliki banyak minat dan mampu melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Pakaian anda cenderung funky dan orisinal. Anda cenderung mendominasi dalam banyak situasi dan memiliki pembawaan eksekutif. Bakat kreatif anda lebih cocok diwujudkan dalam bidang bisnis dibandingkan seni.

Tanggal 11

Anda dapat bekerja sama dengan baik dengan orang lain. Ada sisi spiritual yang kuat dalam diri anda sehingga membuat intuisi anda tajam. Kesadaran anda sangat tinggi dan peka meskipun anda bertemperamen tinggi. Anda adalah seorang pemimpi dibandingkan pelaksana.

Tanggal 12

Anda adalah orang yang galau tapi dengan pembawaan yang santai. Anda memiliki vitalitas yang tinggi dan cepat sembuh dari kelelahan fisik dan mental. Anda memiliki pemikiran yang seimbang, cenderung artistik dan sangat menikmati hidup yang penuh dengan aksi. Anda butuh menyelesaikan apa yang Anda mulai dan berusahalah untuk tidak menimbulkan masalah. Bakat kreatif anda cocok untuk disalurkan ke dalam dunia hiburan.

Tanggal 13

Anda cenderung mendominasi orang lain. Pemikiran Anda diseimbangkan oleh kemauan keras, dan walaupun Anda memiliki cinta yang kuat, Anda jarang menunjukkannya dan menderita karenanya. Karena salah paham, Anda sering dianggap bertemperamen tinggi dan tidak masuk akal. Walaupun Anda cenderung bersifat diktator, Anda adalah seorang manajer yang bagus

Tanggal 14

Anda adalah seorang petaruh dan penjudi alami. Kesuksesan Anda terletak pada bisnis besar, tetapi Anda membutuhkan ekspresi artistik untuk rekreasi dan "mendinginkan kepala". Sangat emosional, Anda selalu dapat menarik hati melalui perasaan dan simpati Anda.

Tanggal 15

Anda rela berkorban diri demi suatu hal yang baik atau demi menolong teman. Anda mencintai rumah, dan keluarga. Anda lebih suka bederma tanpa diketahui orang lain dibandingkan lewat suatu organisasi.

Oleh : Liana Xue
Daftar Pustaka
1. Hitcock, Helyn. Numerologi, Seni Mengenal Pribadi dan Bakat Anda, Penerbit Abdi Tandur. Jakarta, 1996.
2. Annemarie Schimmel. Misteri Angka-Angka. Pustaka Hidayah. Jakarta, 2004

Sifat berdasarkan tanggal lahir

Tanggal 1

Anda adalah orang yang percaya diri dan berkemauan keras. Anda juga sangat mandiri. Lahir pada tanggal 1 membuat anda kurang menyukai untuk mengurus hal-hal yang “kecil”. Anda lebih senang mengurus hal yang bersifat garis besar. Orang lain mungkin akan menilai anda sebagai orang yang terlalu banyak berpikir karena anda lebih menyukai membuat rencana daripada menjalankannya.

Anda mungkin peka, tapi perasaan anda cenderung tertekan. Anda mampu memberikan kasih sayang namun tidak menunjukkannya terang-terangan.

Tanggal 2

Anda adalah orang yang mudah mendapatkan teman. Tapi anda seringkali gugup di hadapan kelompok yang lebih besar. Anda memiliki hati yang penyayang dan mudah memahami perasan orang lain. Dibandingkan orang lain, anda lebih cenderung menjadi depresi dan pemurung. Sulit bagi anda untuk kembali ke alam nyata saat menderita depresi.

Tanggal 3

Anda adalah orang yang memiliki vitalitas yang tinggi dan mampu bangkit kembali dengan cepat setelah mengalami suatu kegagalan, baik secara fisik maupun mental. Anda memiliki bakat alami untuk mengekspresikan diri dengan baik. Anda juga mahir dalam penggunaan kata-kata sehingga membuat anda menonjol dalam kegiatan seperti menulis, berbicara dan menyanyi.

Tanggal 4

Anda adalah orang yang bertanggung jawab dan berdisiplin tinggi. Anda juga termasuk orang yang jujur dan berterus terang. Bekerja tanpa kenal lelah adalah ciri utama anda. Meskipun demikian, anda harus hati-hati agar tidak melibatkan orang lain pada irama kerja anda. Anda cenderung praktis, rasional dan peduli pada detail.

Tanggal 5

Anda cenderung bekerja sama dengan baik dengan orang lain dan senang berada di tengah – tengah mereka. Anda penuh bakat dan keterampilan dan pandai dalam menyampaikan gagasan. Kadangkala anda mungkin menginginkan suatu perubahan dan melakukan suatu perjalanan. Anda cenderung progresif, penuh daya khayal dan mudah menyesuaikan diri. Pemikiran anda cepat, cerdas dan analitis. Suatu sifat resah dalam jiwa anda menyebabkan anda kurang sabar dan bosan dengan hal-hal yang rutin. Anda cenderung menghindari tanggung jawab.

Tanggal 6

Anda adalah orang yang terbuka, jujur dan peduli terhadap teman dan keluarga. Anda juga orang yang suka menolong, pengertian, dan bertanggung jawab. Penting bagi anda untuk dipuji atas usaha-usaha yang anda lakukan dan anda cenderung sensitif pada kritik.

Tanggal 7

Anda adalah seorang perfeksionis dan individual dalam segala hal. Anda memiliki daya pikir yang tajam dan analisa mental yang dalam. Kemampuan berpikir anda cocok untuk memecahkan persoalan yang kompleks dan rumit. Keindividualistisan anda menyebabkan anda menjadi orang yang egois dan keras kepala.

Oleh : Liana Xue
Daftar Pustaka
1. Hitcock, Helyn. Numerologi, Seni Mengenal Pribadi dan Bakat Anda, Penerbit Abdi Tandur. Jakarta, 1996.
2. Annemarie Schimmel. Misteri Angka-Angka. Pustaka Hidayah. Jakarta, 2004

Rabu, 26 Desember 2012

Gulma Berkhasiat Obat: Meniran (Phylanthus urinaria, L).

Meniran tumbuh baik di daerah dataran rendah tropis. Biasanya ditemukan tumbuh liar di tempat-tempat yang agak lembab. Seperti di halaman, pinggiran empang, bekas kebun, hutan, ladang dan sejenisnya. Oleh karena itu, tumbuhan ini sering dianggap sebagai rumput liar. Jarang dibudidayakan, namun tumbuhan ini ditemukan tumbuh sendiri.

Ciri Fisik Tumbuhan

Secara morfologi tumbuhan memiliki batang berbentuk bulat, basah dan tinggi batang bisa mencapai 50 cm. Daun majemuk tersusun dalam satu tangkai. Daun tunggal berbentuk lonjong dan berukuran kecil-kecil. Daun tunggal duduk saling berhadapan dalam satu tangkai.

Meniran juga menghasilkan bunga yang berukuran kecil-kecil dan keluar dari ketiak daun. Bunga menghadap ke arah bawah. Sehingga seakan-akan tumbuh dari punggung tangkai daun majemuk.

Khasiat dan Kegunaan

Herba meniran diketahui berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Diantaranya yaitu:

  • Penyakit kuning (hepatitis)
  • Malaria
  • Ayan (epilepsi)
  • Demam
  • Batuk
  • Haid berlebihan
  • Disentri
  • Luka koreng
  • Jerawat


(Sumber: Abu Muhammad Al-Isfari dalam bukunya ‘Hidup Sehat dengan Terapi Herbal)

Cara Penggunaan

  • Mengobati penyakit kuning
    Bahan:
    16 batang tumbuhan meniran utuh (akar, batang, dan daun)
    2 gelas air susu
    Cara membuat ramuan:
    Tumbuhan meniran yang sudah dibersihkan kemudian ditumbuk halus, kemudian direbus dengan dua gelas susu hingga mendidih dan air rebusan tinggal 1 gelas. Saring air rebusan tersebut, kemudian diminum. Lakukan setiap hari.
  • Mengobati malaria
    Bahan-bahan:
    Tumbuhan meniran utuh (7 batang)
    Bunga cengkeh kering (5 biji)
    Kayu manis (1 potong ukuran sedang)
    Cara membuat ramuan:
    Tumbuk semua bahan hingga halus. Kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut, kemudian diminum dua kali sehari.
  • Mengobati ayan (epilepsi)
    Bahan-bahan:
    Tumbuhan meniran utuh (akar, batang, daun dan bunga) (17-21 batang)
    Air untuk merebus (5 gelas)
    Cara membuat ramuan:
    Cuci bersih tumbuhan meniran segar yang sudah disediakan. Kemudian rebus dengan lima gelas air hingga mendidih dan air rebusannya tinggal setengah. Angkat, kemudian saring air rebusan tersebut dan diminum untuk dua kali sehari.
  • Mengobati demam
    Bahan-bahan:
    Batang tumbuhan meniran utuh (3-7 batang)
    Cara membuat ramuan:
    Cuci bersih tumbuhan meniran segar yang telah disediakan. Seduh dengan satu gelas air panas, kemudian saring dan diminum sekaligus.
  • Haid berlebihan
    Bahan-bahan:
    Akar meniran kering (3-7 potong)
    Air untuk merebus (2 gelas)
    Air tajin (1 gelas)
    Cara membuat ramuan:
    Tumbuk hingga halus akar meniran kering, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Tambahkan satu gelas air tajin, aduk hingga rata. Saring dan minum setiap pagi dan sore.
  • Mengobati jerawat
    Bahan-bahan:
    Tumbuhan meniran utuh (7 batang)
    Rimpang kunyit (secukupnya)
    Air untuk merebus (2 gelas)
    Cara membuat ramuan:
    Tumbuk semua bahan hingga halus kemudian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih dan air rebusan tinggal satu gelas. Saring kemudian minum air rebusannya diminum. Lakukan secara rutin setiap hari.

Oleh: Neti Suriana
Referensi
www.iptek.net.id
Al-Isfari, A.M. 2012. Hidup Sehat dengan Terapi Herbal. As-Salam publishing. Solo.

Gulma Berkhasiat Obat: Binahong (Anredera cordifolia)

Binahong pada awalnya hanya dikenal sebagai tumbuhan semak. Tumbuh liar di semak-semak yang basah. Binahong termasuk tanaman berumur panjang (perenial). Belakangan baru diketahui bahwa tumbuhan ini berkhasiat obat. Bagian tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai obat adalah daunnya. Namun bagian akar dan batangnya juga dipercaya berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Ciri Fisik Tanaman

Secara morfologi tumbuhan binahong terdiri dari akar, batang dan daun. Kemudian dilengkapi dengan bunga yang muncul dari ketiak daunnya.

Batang binahong berbentuk silindris, tumbuh menjalar dan saling membelit. Batang berwarna merah dan agak lunak. Karena warna batang yang eksotik ini, binahong kemudian banyak dikembangkan sebagai tanaman hias. Batang binahong tumbuh menjalar, dengan panjangnya jika diurai bisa mencapai 5 meter bahkan lebih.

Bagaimana dengan daun? Binahong memiliki daun tunggal, dengan permukaan lebar dan bertangkai sangat pendek. Daun berwarna hijau dan tumbuh berselang seling pada batang. Helaian daun berbentuk jantung, tipis, permukaan licin dengan ujung meruncing. Helaian daun berukuran lebar seperti tanaman keladi. Permukaannya licin dan mengkilat jika ditimpa sinar matahari. Daun berukuran panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm. Sebagian masyarakat mempercayai bagian daun tanaman ini bisa dikonsumsi.

Binahong juga menghasilkan bunga. Bunga binahong merupakan bunga majemuk bertandan, bertangkai panjang dan muncul di ketiak daun. Mahkota berwarna krem agak keputih-putihan. Satu kuntum mahkota terdiri dari lima helai saling lepas dan mengeluarkan aroma harum.

Khasiat dan kegunaan

Daun binahong diketahui berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Baik untuk mengobati penyakit luar maupun penyakit dalam. Berikut adalah beberapa khasiat daun binahong untuk pengobatan:

  • Luka luar diantaranya yaitu: luka memar, luka tertusuk dan luka bakar.
  • Selain itu daun binahong juga digunakan sebagai obat dalam yaitu untuk mengobati sakit batuk, paru-paru, kencing manis, sesak nafas, darah rendah, radang ginjal dan geger otak ringan, dll.
  • Daun, umbi, batang dan akar binahong juga dipercaya berkhasiat mengobati disentri, ambeien, hidung mimisan, bengkak usus, menambah nafsu makan, gusi berdarah menjaga stamina tubuh dan menghangatkan badan.


Cara Penggunaan

Bagaimana cara penggunaannya? Sangat sederhana sekali. Untuk pengobatan luar cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

Ambil beberapa lembar daun binahong (bisa dua lembar atau lebih tergantung luasnya permukaan luka) kemudian tumbuk hingga halus. Jika dalam kondisi kepepet bisa juga dengan dikunyah. Kemudian balurkan pada area kulit yang luka atau memar hingga merata. Ulangi pengobatan hingga luka sembuh.

Sementara untuk obat dalam daun binahong yang sudah ditumbuk hingga halus kemudian ditambah sedikit air, saring, kemudian airnya diminum setiap hari. Selain itu bisa juga dengan cara diseduh dengan air panas atau direbus terlebih dahulu.

Oleh: Neti Suriana
Referensi
www.iptek.net.id
Al-Isfari, A.M. 2012. Hidup Sehat dengan Terapi Herbal. As-Salam publishing. Solo.

Sabtu, 22 Desember 2012

Dua Pilar Utama Menuju Bahagia

Dalam hidup ini, sejatinya kita sebagai manusia selalu dihadapkan pada dua keadaan, yakni suka dan duka. Suka tidak selamanya mengiringi laju perjalanan hidup kita. Begitupun dengan duka, tidak selamanya pula mengikuti langkah kaki kita. Keduanya silih berganti menyapa. Tak ada seorang pun manusia yang dalam hidupnya selalu merasa bahagia, karena roda kehidupan itu senantiasa berputar. Ada masanya ia berada di bawah, ada masanya juga ia berada di atas. Oleh karena itu, dalam sebuah kehidupan rasa syukur dan sabar itu harus senantiasa kita jaga dan dilaksanakan secara berdampingan dalam kondisi apapun.

Seperti Rasulullah SAW bersabda :

Karakter pribadi seorang muslim yang baik itu adalah apabila diberi nikmat ia bersyukur, apabila ia diberi musibah ia bersabar.

Bicara tentang syukur, entah sudah berapa banyak nikmat yang Allah anugerahkan kepada kita, mungkin sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Dari semenjak kita berada dalam buaian rahim seorang ibu, kemudian diberikan kesempatan untuk menatap dunia-Nya yang begitu indah dengan keadaan fisik tanpa kekurangan suatu apapun, beserta fasilitas lainnya untuk menunjang kehidupan kita. Bayangkan jika matahari yang setiap hari kita gunakan kita itu berbayar, air yang kita gunakan setiap hari itu berbayar, udara yang kita hirup setiap detik itu berbayar? Berapakah uang yang harus kita keluarkan sampai detik ini? Mungkin kita tidak akan pernah sanggup untuk membayarnya. Kebanyakan orang mengira, bahwa cobaan hanya datang dalam bentuk kesulitan saja. Mereka tidak menyadari bahwa melimpahnya nikmat juga merupakan ujian yang diberikan Allah. Sehingga banyak memang yang dapat melalui cobaan dan bersabar ketika mendapatkan kesulitan namun sangat sedikit yang mampu melampaui ujian berupa kenikmatan dunia.

Begitu baiknya Allah SWT yang telah memberikan jutaan nikmat yang begitu banyaknya. Tugas kita sebagai manusia adalah hanya mensyukuri apa yang sudah ada, bukan mengeluhkan apa yang tidak ada. Jika menengok saudara-saudara kita di luar sana, banyak sekali diantara mereka yang hidupnya tidak seberuntung kita. Misalnya saja banyak orang yang ketika terlahir ke dunia dengan kondisi fisik yang tidak sempurna, hidup di bawah garis kemiskinan, tidak makan seharian, tidak berpendidikan, tidur di kolong jembatan. Masihkah kita tidak bersyukur atas apa yang sudah Allah anugerahkan kepada kita? Bahkan di dalam Al-Qur’an surat Ar-Rahman Allah SWT mengulang-ngulang ayat yang terjemahannya Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan? karena begitu banyaknya Allah memberikan limpahan nikmat-Nya pada kita.

Rasulullah SAW bersabda :

Kebahagiaan duniawi merupakan sesuatu yang ganas ; maka jinakkanlah ia dengan kebersyukuran.

Sedangkan Allah berfirman dalam Al-Quran :

“Niscaya jika kalian bersyukur (atas nikmatKu), maka akan Aku tambah (nikmatKu), dan jika kalian kufur sesungguhnya siksa-Ku sangat pedih.” (Q.S Ibrahim: 7)

Janji Allah itu selalu benar dan tidak pernah ingkar. Seperti halnya pada ayat di atas yang menjelaskan, bahwa barangsiapa yang bersyukur atas pemberian Allah maka akan Allah tambahkan nikmat-Nya, namun jika manusia kufur terhadap pemberian Allah, sesungguhnya siksa-Nya amat pedih. Dan Allah begitu mencintai orang-orang yang bersyukur.

Selain karunia nikmat-Nya yang berlimpah, tak jarang Allah juga memberikan ujian kepada setiap hamba-Nya. Baik berupa kegagalan yang mengakibatkan kekecewaan yang sangat mendalam maupun kehilangan dunia yang meninggalkan tangis kesedihan. Semua itu tak lain adalah bentuk kasih sayang Allah terhadap kita, persoalannya mampukah kita menghadapinya dan sejauh mana kita mampu memaknainya. Yakinlah, bahwa segala sesuatu yang telah menjadi keputusan Allah itu pasti mengandung banyak hikmah meskipun kita tidak menyadarinya. Kita juga harus percaya bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kesanggupan kita memikulnya, karena segala sesuatu yang tercipta di muka bumi ini pasti mempunyai makna, tidak tercipta sia-sia. Seperti halnya sebuah ujian, karena dengan ujian itulah Allah hendak meninggikan derajat kita.

Jika dalam menjalani hari-hari kita, kerap kali dihadapkan pada masalah-masalah yang pelik. Berbaik sangkalah kepada Allah yang mempunyai kunci jawaban dari setiap persoalan. Seringkali seorang manusia mempertanyakan mengapa Allah tidak jua mendengar doanya? Padahal ia rajin berpuasa senin kamis, rajin bersedekah, selalu tepat menjalankan shalat 5 waktu, selalu mengerjakan qiyamul lail, tak pernah lupa untuk shalat dhuha. Pada akhirnya, mereka seolah menyalahkan takdir yang sudah tersurat dan menganggap Allah tidak adil.

Seperti yang pernah dikatakan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani :

Betapa anehnya kau marah kepada Tuhanmu ; menyalahkan-Nya, menganggap-Nya tidak adil, menahan rezeki dan tak menjauhkan musibah. Tidaklah kau tahu bahwa setiap kejadian ada waktunya, dan setiap musibah ada akhirnya?

Apabila ikhtiar sudah kita lakukan semaksimal mungkin, sebenarnya kuncinya hanya satu, bersabarlah. Man Shabara Zafira, barangsiapa yang bersabar ia akan beruntung. Jika doa yang senantiasa kita panjatkan tidak juga diijabah, bukan berarti Allah menolaknya. Hanya saja Allah sedang menguji kesabaran kita. Barangsiapa yang mampu melewatinya maka dia lah yang menjadi pemenang, maka kelak sabar itu akan berbuah manis.

Tak ada satupun insan di dunia ini yang luput dari ujian, seperti halnya kisah Nabi Zakaria dan Nabi Ibrahim. Allah berikan ujian kepada keduanya dalam penantian yang panjang demi memperoleh keturunan. Bahkan keduanya dianugerahi keturunan ketika usianya telah lanjut. Sungguh luar biasa bukan indahnya kesabaran?

Allah Maha Tahu atas apa yang Dia berikan kepada setiap hamba-Nya. Boleh jadi, apa yang kita anggap baik namun buruk bagi-Nya, dan apa yang kita anggap buruk itu baik bagi-Nya. Menganggap Allah tidak adil itu salah besar. Perlu kita ketahui bahwa ujian itu ada untuk membuat kita menjadi pribadi yang kuat apabila Allah kembali memberikan ujian yang jauh lebih dahsyat. Besi saja perlu ditempa terlebih dahulu untuk menjadi pedang. Begitupun kita sebagai manusia, Allah berikan ujian terlebih dahulu yang dalam proses mengatasinya akan membentuk kita sebagai pribadi yang unggul.

Syukur dan sabar memang selalu ada dalam keadaan yang bertolak belakang. Namun dua hal itulah yang merupakan pilar utama untuk mencapai bahagia baik di dunia maupun di akhirat.

oleh : Aini Nur Latifah

Jumat, 21 Desember 2012

Liburan Yuuk!

Akhir tahun 2012 ini menjadi istimewa karena bertepatan dengan liburan sekolah. Pasti sangat menyenangkan. Terutama bagi adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah. Setelah satu minggu melewati ujian yang menguras konsentrasi, sekarang saatnya untuk berpetualang melepaskan semua beban pelajaran yang selama ini memenuhi kepala.

Eh tapi banyak juga lho yang merasa bete dengan liburan yang terlalu lama. Katanya, “bosaaaan di rumah nggak ngapa-ngapain. Mendingan di sekolah, banyak teman, banyak kegiatan.” Nah, biar liburan kali ini tidak membosankan yuk diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, kegiatan yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan. Liburan asyik tidak mesti harus pergi jauh dan menghabiskan uang kan? Di rumah atau bikin kegiatan bersama di lingkungan rumah juga bisa membuat liburanmu jadi lebih berwarna.

Yuk simak beberapa alternatif kegiatan agar liburan kali ini lebih berwarna:

a. Mencoba resep baru

Kalau kamu hobi masak tidak ada salahnya mencoba berbagai resep baru dan unik. Kamu bisa beli buku resep masakan yang murah meriah di toko buku, browsing resep-resep baru di internet atau belajar langsung dari koki terkenal yang ada di daerahmu. Jangan salah, mencoba resep yang benar-benar baru adalah petualangan tersendiri. Tidak kalah serunya dengan berpetualang di alam bebas. Nah, bagi kamu yang belum punya rencana liburan ke mana-mana, kenapa tidak mencoba alternatif ini?

b. Menata taman

Menata taman juga bisa menjadi pilihan kegiatan mengisi liburan yang bermanfaat. Selain untuk mengasah kecerdasan estetika juga menambah pengetahuanmu tentang tanaman hias dan ilmu budidaya tanaman. Selain itu, menata taman juga merupakan bagian dari kegiatan cinta lingkungan.

c. Belajar bisnis, kenapa tidak?

Nah, ini pilihan kegiatan yang tidak kalah serunya untuk mengisi liburan. Selain seru juga bisa menambah uang sakumu. Asyik kan? Kamu bisa belajar bisnis kecil-kecilan, misalnya dengan menjual kue bikinan ibu keliling komplek. Atau bisa juga menjual berbagai kerajinan pada acara-acara bazar, expo bisnis yang biasanya banyak di adakan pada saat liburan. Bisa juga dimulai dengan ikut membantu orang tua, kakak atau senior yang sudah menjalankan bisnis.

d. Menikmati berbelanja di pasar tradisional

Jika selama ini kamu terbiasa jalan-jalan atau belanja di mall, yuk untuk liburan ini mencoba sensasi berbelanja di pasar tradisional! Berbelanja dan menawar di pasar tradisional itu seru lho, apalagi kalau berhasil mendapatkan harga miring.

e. Ikut berbagai training

Jika di daerah/kotamu banyak terdapat lembaga training dan pelatihan, tidak ada salahnya liburan kali ini diisi dengan mengikuti berbagai training dan pelatihan. Seperti training jurnalistik, training komputer, pelatihan menjahit, dan lain-lain. Jarang-jarang kan mendapat ilmu-ilmu seperti ini di sekolah?

f. Berkunjung ke peternakan atau perkebunan

Ini merupakan salah satu kegiatan menarik yang akan mengenalkan kita pada dunia kerja dan alam. Pertanian dan peternakan adalah dua dunia kerja paling tua di dunia. Semenjak manusia mulai mengenal kehidupan menetap, semenjak itu juga keterampilan beternak dan bertani mulai dikenal.

Dan masih banyak alternatif kegiatan liburan lain yang murah meriah dan asyik. Yang jelas mari isi waktu liburan ini dengan kegiatan bermanfaat dan berbeda dari biasanya. Asyik tidak mesti mahal bukan? Yuuk berlibur!

Oleh: Neti Suriana

Mental Positif Pancarkan Inner Beauty

Anda tentu tidak asing lagi dengan kata inner beauty bukan? Anda mungkin juga memahami makna yang terkandung di balik kata ‘Inner beauty’ ini. Anda juga bisa merasakan dan menilai bahwa orang-orang yang berinteraksi dengan Anda memiliki inner beauty atau tidak? Namun, seringkali Anda sendiri kesulitan untuk mendeteksi inner beauty diri sendiri. Ya, inner beauty seringkali hanya mampu dirasakan oleh orang-orang yang berinteraksi dengan Anda.

Sederhananya inner beauty adalah mental positif yang ditampilkan dalam perilaku sehari-hari. Dalam bahasa lain inner beauty bisa juga diartikan sebagai keselarasan antara hati, pikiran dan sikap (perilaku) yang terjadi secara spontan, tidak dibuat-buat. Dalam bahasa agama inner beauty disebut juga dengan akhlak.

Jadi, pada dasarnya setiap pribadi berpotensi memancarkan inner beauty. Setiap pribadi berpotensi menjadi pribadi yang baik dan menyenangkan. Hanya saja, terkadang potensi itu tidak berkembang dengan baik karena banyak faktor yang kurang mendukung. Seperti pola asuh, lingkungan yang buruk dan lain-lain. Contohnya anak yang tumbuh di lingkungan orang dewasa yang terbiasa berkata-kata kasar, terbiasa berbohong maka ia akan tumbuh menjadi anak yang tidak terjaga lisannya.

Namun demikian inner beauty bisa diasah agar kembali bersinar. Seperti halnya mental positif yang bisa dibangun, meski harus melalui tahap-tahapan yang panjang dan tidak instan. Diperlukan kesadaran, kesungguhan dan latihan terus menerus untuk memperbaiki diri.

Seperti apa sih ciri-ciri inner beauty yang bersinar? Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa ciri inner beauty yang bersinar, yaitu:

  • Mampu mengendalikan emosi dalam kondisi apa pun. Tidak mudah di hasut dan selalu bersikap tenang. Sehingga ia selalu tampil nyaman di mana pun dan dalam kondisi apa pun ia berada.
  • Senantiasa menjaga kejujuran dalam setiap perkataan dan tindakan. Sehingga ia mampu menjadi kepercayaan siapa pun yang berinteraksi dengannya.
  • Amanah dan pantang berkhianat.
  • Senantiasa bersemangat dan penuh antusias menghadapi setiap situasi dan keadaan.
  • Penuh minat dan bersemangat dalam mengikuti berbagai aktivitas positif.
  • Menjaga estetika dalam bersikap dan berpenampilan. Misalnya tidak berlebihan dalam berhias. Berpakaian sesuai dengan situasi dan kondisi.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik. Pandai mengatur irama pembicaraan, tidak mendominasi dan tidak berpindah-pindah tema pembicaraan secara drastis.
  • Selalu tampil percaya diri dan mampu menempatkan diri dalam segala situasi.
  • Selalu mampu menampilkan bahasa tubuh positif dalam berinteraksi dengan sesama.
  • Mudah berempati dengan sesama.


Demikian beberapa ciri pribadi yang mampu memancarkan inner beauty. Dari ciri-ciri di atas dapatlah disimpulkan bahwa pancaran inner beauty sangat dipengaruhi oleh kualitas mental. Semakin baik kualitas mental, maka inner beauty akan semakin bersinar.

Oleh: Neti Suriana

Kamis, 20 Desember 2012

Tips Mudah Mengatasi Error 5200 pada Printer Canon iP2770


Tulisan sudah dipindah ke Desa Komputer.

Selasa, 18 Desember 2012

Cara Mengatasi Anak Suka Mengambil Barang Orang Lain

Kita sebagai orang tua tentu akan terkejut, marah dan malu jika mendengar atau mengetahui anak kita suka mengambil barang orang lain. Apalagi, anak sempat dicap oleh orang lain atau temannya sebagai pencuri. Tentunya kita pun tidak menginginkan anak tumbuh mempunyai kebiasaan mengambil barang yang bukan hak miliknya, bukan?

Bagaimana cara mengatasi anak yang suka mengambil barang milik orang lain?

1. Menahan dan mengontrol sikap emosional kita sendiri.

Ingat, tujuan utama kita sebagai orang tua adalah membina dan mendidik perilaku anak, agar sesuai dengan keinginan atau harapan kita dan dapat memenuhi standar hubungan sosial. Tidak ada gunanya sikap keras dan galak menyikapi perilaku salah anak. Seperti menunjukkan ekspresi marah dan memberi hukuman badan pada anak. Sikap keras dan galak orang tua tersebut hanya dapat menghentikan perilaku salah anak untuk sementara saja. Hukuman tersebut malah mendorong munculnya sikap licik anak, kemahiran berbohong anak dan anak selalu mencoba mencari cara untuk mengecoh atau mengelabui orang tua.

2. Berusaha menyentuh kesadaran hati nurani anak.

Tentunya kita mengetahui hati nurani itu adalah sebagai kendali internal atas perilaku individu atau kemampuan seseorang untuk mengetahui dan membedakan apa yang benar dan apa yang salah. Memang, membentuk nilai standar tingkah laku internal terlalu sulit dan berat bagi anak kecil. Oleh karena itu, perilaku anak kecil harus dikendalikan oleh batas-batas yang ditentukan oleh lingkungan sosialnya (orang tua), mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. Nah, di saat kita mengetahui anak melakukan perbuatan yang melanggar aturan, maka kita sebagai pengendali perilaku anak, wajib membina dan mengarahkannya dengan baik. Dengan kata lain, kita harus menyadarkan hati nurani anak, bukan untuk menyakiti perasaan atau memojokkan anak.

3. Membangun kedekatan dengan anak.

Kita harus mau meluangkan waktu untuk bisa lebih dekat dengan anak. Anak yang dalam taraf pertumbuhan dan perkembangan, fisik dan mentalnya sangat membutuhkan perhatian kita yang lebih banyak, untuk turut campur tangan dalam membina perkembangan perilaku anak. Caranya, tentu saja kita harus senantiasa membangun komunikasi secara intens dengan anak. Kita harus bisa menjadi teman diskusi dalam hal apa saja yang berkaitan dengan aktivitas, keinginan, dan harapan anak. Kita harus siap mendengar dan memperhatikan setiap perkataan maupun keluhan anak, baik yang terjadi di rumah maupun di luar rumah, seperti di sekolah dan lingkungan pergaulan anak.

4. Mengajarkan cara menolak ajakan teman yang tidak baik.

Kita harus menyadari, anak dalam kelompok bermain (peer group) sangat rentan dari pengaruh teman, baik yang positif maupun negatif. Oleh karena itu, kita harus mengajarkan cara-cara menolak ajakan teman yang tidak baik, tanpa harus menyinggung perasaan teman-temannya. Kita harus membuat anak berani mengatakan “tidak” dan mengalihkan perhatian temannya pada kegiatan lain yang lebih menarik dan positif serta kalau temannya tetap ngotot memaksakan keinginannya, anak harus berusaha menghindar dengan berbagai alasan yang logis.

5. Biasakan anak hidup hemat dan pandai mengelola keuangan.

Pola hidup hemat perlu dikembangkan pada anak sejak dini. Anak diajarkan gemar menabung. Kita pun tidak boleh langsung memenuhi segala keinginan anak. Caranya, dia harus menabung sisa uang sakunya terlebih dahulu. Begitu juga anak harus dibiasakan untuk menentukan pilihan dari banyak keinginannya. Anak harus dapat menentukan prioritas keinginannya.

Oleh: Nur Rokhanah
Daftar Pustaka:
Surya, Hendra. 2005. Kiat Mengatasi Penyimpangan Perilaku
Anak (2). Jakarta: PT Elex media Komputindo.

Cara Mengatasi Anak yang Gemar Bertanya

Kita kadangkala kewalahan dan pusing mendapat berondongan pertanyaan dari si kecil yang gemar bertanya. Adakalanya, pertanyaan yang diajukan cukup sederhana, namun sulit untuk menjawabnya. Misalnya, “Dari mana adik lahir, Ma…?” Kita sampai tidak tahu bagaimana cara menjawab pertanyaan yang diajukan anak tersebut. Kita sulit untuk menentukan kata yang cocok untuk menjawab pertanyaan anak itu. Kita merasa tabu untuk mengatakan jawaban yang sebenarnya pada anak seusia balita. Kita sulit melukiskan alat reproduksi atau alat vital perempuan pada anak, sedangkan anak membutuhkan jawaban yang memuaskan dirinya. Kalau kita menjawab sekenanya, takut dapat menyesatkan anak dan jawaban itu menjadi masalah di kemudian hari. Pendek kata, kita sering dihinggapi kebuntuan kata setiap menghadapi teror pertanyaan anak. Kita pun menjadi tidak sampai hati melihat anak menjadi muram dan cemberut karena tidak mendapat jawaban yang memuaskan rasa ingin tahunya.

Bagaimana cara menghadapi anak gemar bertanya?

1. Jangan mematikan semangat bertanya anak.

Kita mungkin tidak menyadari hal ini, namun jika kita ering melarang anak bertanya dan malas menjawab pertanyaan yang diajukan anak, sebenarnya kita telah menghambat berkembangnya kemampuan fungsi nalar dan fungsi berlogika anak serta mematikan imajinasi dan kreativitas berpikir anak.

2. Biarkan anak bertanya.

Jika anak bertanya, kita harus bersedia meluangkan waktu dan memberi dukungan emosional pada anak (seperti memeluk, memegang bahu anak, menatap langsung mata anak, dan memberi senyuman manis untuk menyatakan rasa senang atas pertanyaan anak) serta memberi penguatan atau pujian atas pertanyaan anak

Kemudian usahakan untuk memberikan jawaban yang benar, ringkas dan mudah dipahami anak. Jika tidak dapat dijawab langsung, gunakan perumpamaan atau ilustrasi untuk memudahkan.

3. Beri kebebasan bertanya pada anak.

Untuk mengembangkan kreativitas berpikir anak, kita harus memberi kebebasan anak untuk bertanya apa saja yang menarik perhatian dan minatnya. Kita pun harus bersiap meluangkan waktu dan melayani keingintahuan anak.

4. Mengembangkan rasa ingin tahu anak.

Untuk mengarahkan dan mengembangkan rasa ingin tahu anak, sering-seringlah mengajak anak untuk mengamati langsung berbagai hal. Kita bisa mengajak anak ke tempat-tempat yang merangsang rasa ingin tahu anak. Misalnya, kebun binatang, Planetarium, Sea World, pantai, gunung, dan sebagainya.

5. Ajak anak untuk mendengarkan cerita yang menarik perhatian dan minat anak.

Untuk merangsang rasa ingin tahu, imajinasi dan kreativitas berpikir anak, kita dapat mengajak anak menonton cerita (film/TV) bersama atau kita dapat bercerita secara interaktif dengan anak. Kita dapat melibatkan anak secara emosional dalam mengamati isi cerita. Kita dapat merangsang anak berpikir dengan cara memberi komentar atau bertanya.

6. Sediakan fasilitas bermain anak yang merangsang imajinasinya.

Untuk mengembangkan rasa ingin tahu anak dan kreativitas anak, kita dapat menyediakan mainan yang merangsang daya imajinasi anak. Seperti mainan building block (balok susun), Puzzle, mewarnai gambar, dan lain-lain. Namun sebaiknya jangan mainan yang sudah jadi.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat kita kembangkan untuk menghadapi dan mengarahkan anak yang gemar bertanya. Jangan merasa terbebani untuk melayani anak. Namun ingatlah, bahwa hasilnya sebanding dengan pengorbanan yang kita lakukan. Anak akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas. Kemampuan berlogika anak pun akan terus berkembang dan sangat bermanfaat untuk kehidupan anak setelah dewasa nanti. Mana tahu anak menjadi seorang pemikir dan penemu yang dapat mengukir sejarah peradaban manusia di kehidupan mendatang.

Oleh : Nur Rokhanah
Daftar Pustaka:
Surya, Hendra. 2005. Kiat Mengatasi Penyimpangan Perilaku Anak (2). Jakarta: PT Elex media Komputindo.

Senin, 17 Desember 2012

Gulma Berkhasiat Obat: Krokot (Portulaca Oleraceae)

Krokot biasanya ditemukan tumbuh di tempat-tempat terbuka. Tanaman herba dari famili Portulacacaeae ini menyukai sinar matahari langsung. Tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga dataran tinggi (1.800 m dpl)

Ciri Fisik Tanaman

Sebagian atau seluruh bagian batang berada di atas tanah. Batang krokot berbentuk bulat dan berwarna coklat keunguan. Batang tumbuh rampak ke semua arah. Panjang batang tidak lebih dari 10-50 cm saja.

Bagaimana dengan daun? Krokol memiliki daun berbentuk bulat telur sunsang. Agak tebal dan berdaging. Posisi daun pada umumnya tersebar pada batang dan duduk saling berhadapan. Untuk warna daun krokot agak berbeda dengan tanaman lain. Permukaan atas daun berwarna hijau muda, sementara permukaan bawah daun berwarna merah tua seperti jengger ayam.

Apakah krokot menghasilkan bunga? Ya, bunga krokot keluar dari ujung percabangan secara berkelompok atau bergerombol. Setiap gerombol terdiri atas 2-6 buah bunga. Daun mahkota berjumlah lima helai, berwarna kuning kecil-kecil Biasanya bunga mekar setiap pagi hari.

Sementara buah yang dihasilkannya berbentuk kotak yang di dalamnya menghasilkan biji yang berwarna hitam kecoklatan dan mengkilap. Krokot diketahui berkembang biak secara generatif.

Khasiat

Masyarakat awam masih banyak yang belum mengetahui khasiat tanaman krokot bagian pengobatan. Sehingga, bagi sebagian masyarakat krokot masih dianggap sebagai tanaman gulma. Ia biasanya tumbuh di halaman-halaman terbuka dan sering disiangi karena dianggap sebagai gulma pengganggu keindahan dan kebersihan halaman.

Menurut informasi dari berbagai sumber tanaman ini berkhasiat mengobati berbagai penyakit, diantaranya yaitu:
  • Radang akut usus buntu
  • Disentri
  • Diare akut
  • Keputihan
  • Jantung berdebar
  • Demam
  • dll


Cara Penggunaan

Berikut adalah beberapa cara penggunaan krokot dalam pengobatan:

a. Radang akut usus buntu

Sediakan segenggam tanaman herba krokot segar, cuci bersih dengan air mengalir. Tumbuk herba tersebut hingga halus dan berair. Peras airnya hingga diperoleh sebanyak 30 ml. Tambahkan gula secukupnya dan air matang hingga larutan menjadi 100 ml. Aduk ramuan tersebut hingga gula larut dan larutan menyatu sempurna. Minum ramuan ini secara rutin 3 kali sehari.

b. Jantung berdebar

Ambil sebanyak empat batang krokot, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Giling herba segar tersebut hingga halus. Tambahkan satu sendok madu dan setengah cangkir air masak. Aduk hingga semua bahan tercampur merata. Saring larutan tersebut, kemudian diminum secara rutin dua kali sehari.

c. Keputihan

Sebanyak lebih kurang 200 gram krokot segar di jus, kemudian diambil airnya. Tambahkan putih telur dari satu buah telur ayam kampung, kemudian di tim. Makan selagi ramuan ini masih hangat.

d. Demam

Krokot segar direbus hingga setengah matang, kemudian dimakan.

Oleh Neti Suriana
Referensi
www.iptek.net.id
Al-Isfari, A.M. 2012. Hidup Sehat dengan Terapi Herbal. As-Salam publishing. Solo.

Jumat, 14 Desember 2012

Gulma yang Berkhasiat Obat: Sambiloto (Andrographis paniculata Nees)

Tanaman yang setiap bagiannya berasa pahit ini bukan lagi tanaman asing dalam pengobatan herbal. Secara turun temurun orang tua kita menggunakan air rebusan sambiloto untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Adalah dr. J Sidhajatra yang sudah puluhan tahun komit untuk memberikan obat-obat herbal untuk menyembuhkan pasiennya mengatakan bahwa sambiloto merupakan herbal yang memiliki efek anti-infeksi dan anti radang yang paling baik dibandingkan tanaman herbal lainnya.

Asal dan Nama Lokal

Di Indonesia, sambiloto sudah dikenal sejak lama, demikian juga di beberapa negara lain. Namun, asal usul tanaman ini belum jelas. Banyak yang menduga bahwa tanaman ini berasal dari daerah tropis, karena memang penyebaran terbesar tanaman ini di daerah-daerah tersebut. Seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, India dan sekitarnya

Di Indonesia, sambiloto dikenal dengan berbagai nama lokal. Misalnya samboroto, sandiloto, sambilata, takilo dan paitan (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Kioray, takila dan kipeurat (Jawa Barat). Papaitan, empedu (Melayu).

Deskripsi Fisik Tanaman

Tanaman sambiloto tumbuh tegak. Bentuk batang persegi empat dan berbuku-buku dan bercabang-cabang. Tinggi batang bisa mencapai 90 cm. Daun sambiloto kecil-kecil, berbentuk lanset dan berwarna hijau. Sambiloto juga menghasilkan bunga yang keluar dari ujung tangkai yang tersusun dalam rangkaian tandan. Bunga berwarna putih keunguan. Sementara buahnya berbentuk bulat panjang meruncing pada bagian ujung dan pangkalnya. Bunga dan buah biasa muncul sepanjang tahun.

Tanaman ini mudah berkembang biak, baik secara vegetatif maupun generatif. Secara vegetatif tanaman berkembang biak dengan stek. Sementara secara generatif tanaman ini bisa berkembang biak dengan biji. Sehingga tidak heran jika anakan tanaman ini bisa ditemukan dengan mudah di sekitar rumpun tanaman yang sudah berbuah.

Khasiat dan Cara Penggunaan

Sambiloto berkhasiat mengobati berbagai penyakit, diantaranya:

a. Kudis

Satu genggam sambiloto segar dan sedikit belerang dicampur, kemudian ditumbuk hingga halus. Balurkan ramuan tersebut pada bagian yang sakit. Ulangi pengobatan hingga sembuh.

b. Kencing Manis

25 gram daun sambiloto dan 25 gram daun kumis kucing dicuci hingga bersih pada air mengalir. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 110 ml air hingga mendidih. Diamkan hingga dingin kemudian minum air rebusan tersebut sekali sehari.

c. Radang usus buntu

Seduh air sambiloto dengan air panas secukupnya. Kemudian minum air seduhannya sekali sehari.

d. Masuk angin, influenza, menurunkan demam

Daun sambiloto secukupnya direbus dengan air hingga mendidih. Kemudian air rebusannya diminum.

e. Luka

Daun sambiloto yang sudah dikeringkan secukupnya ditumbuk hingga membentuk serbuk. Kemudian serbuk daun sambiloto tersebut ditaburkan pada luka atau koreng tersebut.

Khasiat sambiloto tidak hanya terkenal dalam pengobatan tradisional Indonesia. Dalam pengobatan tradisional Cina khasiat sambiloto juga sangat populer. Dalam Chinese Medical Journal dan Journal of Tongji Medical University disebutkan bahwa salah satu khasiat sambiloto adalah mampu mengatasi penyempitan pembuluh darah karena tingginya kadar kolesterol darah. Dalam Chinese Medical Journal disebutkan bahwa sambiloto mengandung senyawa flavon, di mana senyawa ini bersifat mencegah penggumpalan darah dan menghancurkan gumpalan darah.

Oleh: Neti Suriana
Referensi
www.iptek.net.id
Al-Isfari, A.M. 2012. Hidup Sehat dengan Terapi Herbal. As-Salam publishing. Solo.

Puncak Tertinggi Jawa Tengah


Tulisan sudah dipindah ke Indonesia nan Elok.

Kamis, 13 Desember 2012

Ketidaksempurnaan Pasar Menurut Islam

Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Bertemunya penjual dan pembeli menyebabkan terjadinya penawaran dan permintaan yang berikutnya berakibat kepada perubahan harga barang dan jasa di pasar yang terjadi dengan alamiah atau kita sebut harga yang adil. Jika mekanisme pasar diganggu, maka harga yang adil tadi tidak akan tercapai, kemungkinan yang terjadi adalah sebaliknya. Jika hal ini terjadi maka para pelaku pasar akan enggan untuk bertransaksi atau terpaksa bertransaksi dengan menanggung kerugian.

Islam menginginkan harga yang adil yang berlaku untuk semua umat. Sehingga diperlukan akhlak yang mulia antara penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Dari penjual sendiri sangat dibutuhkan kejujuran yang menyangkut barang dagangannya. Banyak penjual yang menjual barangnya dengan menyembunyikan barang yang buruk di tumpukan bagian bawah dan hanya menunjukkan barang yang baik di tumpukan teratas. Rasulullah pernah melalui satu timbunan makanan (biji-bijian), lalu beliau memasukkan tangannya dan basah. Beliau pun bertanya “Kenapa ini penjual makanan?” Penjual itu menjawab “Kena hujan ya Rasulullah!”. Rasulullah kembali bertanya, “Mengapa engkau tidak taruh ini di sebelah atas supaya orang-orang dapat melihat? Barangsiapa menipu, maka bukan dari golonganku!” (H.R Muslim dari Abu Hurairah)

Rasulullah ketika masih berdagang dahulu merupakan pedagang yang sangat baik. Beliau tidak menetapkan harga begitu saja. Beliau memberikan penawaran kepada pembeli dengan memberitahukan modal awal barang tersebut. Kemudian pembeli dapat menimbang dan memberikan tawarannya. Karena kejujuran beliau dalam berdagang hasil usahanya selalu mendatangkan keuntungan yang besar. Akan tetapi yang harus kita ketahui juga bahwa pembeli arab pada zaman dahulu yang menawar harga barang selalu dengan harga yang lebih tinggi bukan sebaliknya. Hal inilah yang tidak mungkin terjadi di Indonesia, di mana pembeli akan selalu menawar dengan harga yang lebih rendah. Oleh karena itu, wajar saja jika pedagang memberikan harga barangnya langsung beserta keuntungan yang akan ia peroleh. Jika suatu waktu barangnya ditawar oleh orang lain, ia dapat menurunkan sedikit banyaknya asalkan ia masih menerima keuntungan. Tetapi yang dapat kita tiru dari Rasulullah adalah kejujuran beliau dalam berdagang.

Kejahatan di pasar lebih sering dilakukan oleh penjual. Namun, pembeli juga tidak tertutup dari kejahatan ketika transaksi jual beli dilakukan. Pembeli bisa saja memberikan penawaran yang sangat rendah dan jumlah penawarannya bahkan lebih rendah jika dibandingkan modal awal si penjual itu sendiri. Walaupun keberlanjutan atau batalnya suatu transaksi merupakan salah satu hak pembeli, tetapi memberikan penawaran yang terlalu rendah justru akan merugikan pihak penjual. Karena penjual mengeluarkan modal waktu dan investasi beserta resikonya untuk usaha tersebut.

Kesempurnaan pasar dapat terjadi ketika harga bergerak secara alami berdasarkan penawaran dan permintaan. Selain itu intervensi pemerintah terhadap pasar sebaiknya tidak dilakukan ketika pasar dalam keadaan alaminya. Namun, pemerintah harus turun tangan langsung ketika ditemukan pelanggaran seperti penimbunan barang yang dilakukan penjual untuk memperoleh untung yang lebih tinggi dari langkanya barang di pasar. Sehingga keadaan pasar dapat kembali normal seperti sedia kala.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan

Gulma yang Berkhasiat Obat: Ciplukan (Physalis Angulata)

Sebelum membahas tentang khasiat ciplukan, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan gulma. Gulma bisa diartikan sebagai kelompok tanaman pengganggu yang tidak diinginkan tumbuh pada suatu lahan pertanaman atau lahan budidaya. Seperti rumput yang tumbuh di lahan pertanaman cabe, ia akan disebut sebagai gulma. Namun, apabila ia tumbuh di padang rumput atau lapangan bola yang memang ditanami dengan rumput maka ia tidak lagi disebut sebagai gulma. Selain itu, gulma juga sering didefinisikan sebagai tanaman yang belum diketahui manfaatnya.

Ciplukan, sering dianggap sebagai gulma oleh petani. Karena kehadirannya dalam sebuah pertanaman atau lahan budidaya sering tidak kehendaki. Tanaman ini jarang ditanam, pada umumnya ia tumbuh dengan sendirinya di semak-semak, pinggir kebun, empang sawah dan ladang pertanian baru. Tanaman ini menyukai lahan yang subur, dan agak basah. Meskipun tergolong gulma, ciplukan yang tumbuh di lahan pertanian biasanya dibiarkan oleh petani. Karena, biasanya populasinya tidak banyak dan buahnya disenangi oleh anak-anak. Ciplukan memiliki buah yang terbungkus oleh daun kelopak yang menggelembung. Buah yang sudah matang memiliki rasa yang sangat manis.

Mengenal Tanaman Ciplukan

Seperti dijelaskan sebelumnya, ciplukan lebih dikenal sebagai gulma dari pada tanaman budidaya atau pun tanaman herbal. Memang hingga sejauh ini, masih sangat jarang petani atau masyarakat yang membudidayakannya secara serius. Padahal, ciplukan diketahui kaya akan khasiat dan manfaat terutama sebagai tanaman herbal (obat-obatan).

Ciplukan merupakan tanaman yang hidup semusim dengan tinggi batang tidak lebih dari 1 meter. Batang lunak dan cenderung tidak berkayu. Daun berbentuk bulat telur dengan ujung meruncing. Bunga muncul dari ketiak daun dengan tangkai tegak berwarna keunguan. Mahkota bunga berbentuk seperti lonceng yang dilindungi oleh daun kelopak.

Buah ciplukan muda berwarna hijau dan berubah menjadi kekuningan setelah matang. Buah berbentuk bulat hingga bulat memanjang. Buah terbungkus dalam kelopak yang menggelembung dengan ujung meruncing.

Nama Lokal

Ciplukan dikenal dengan nama lokalnya di setiap daerah. Misalnya: keceplokan, ciplukan (Jawa), yoryoran (Madura), cecendet, cecendetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), saletop, leletop (Sumatera), leletokan (Minahasa), kopi-kopi, daun loto-loto, dan sebagainya.

Khasiat dan Manfaat

a. Akar

Akar ciplukan berkhasiat untuk mengobati cacingan dan menurunkan demam.

b. Daun

Daun ciplukan berkhasiat sebagai penyembuh patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut dan kencing nanah.

c. Buah

Buah ciplukan jika dikonsumsi langsung diketahui berkhasiat untuk mengobati epilepsi, sulit buang air kecil dan penyakit kuning.

Resep untuk Penyakit Borok

Bahan-bahan:

1 genggam daun ciplukan
1 sendok air kapur sirih

Cara membuat:

Campurkan kedua bahan menjadi satu, kemudian tumbuk hingga halus. Ramuan siap digunakan.

Cara penggunaan:

Bersihkan bagian kulit yang sakit, kemudian tempelkan ramuan pada bagian tersebut.

Oleh: Neti Suriana
Referensi
www.iptek.net.id
Al-Isfari, A.M. 2012. Hidup Sehat dengan Terapi Herbal. As-Salam publishing. Solo.

Rabu, 12 Desember 2012

Seri Terapi Penyakit Hati (6): Menyibukkan Hati, Pikiran dan Anggota Tubuh dengan Kebaikan

Menyibukkan diri dengan hal-hal kebaikan adalah salah satu upaya terbaik untuk menghindarkan diri dari kemaksiatan. Karena, kalau diri tidak disibukkan dengan kebaikan, maka ia akan disibukkan oleh keburukan. Ketika hati tidak disibukkan dengan kebaikan, maka ia akan disibukkan oleh angan-angan negatif dan kemaksiatan. Jika pikiran tidak disibukkan dengan kebaikan, maka ia akan disibukkan oleh pikiran jahat. Dan, jika anggota tubuh tidak disibukkan dengan kebaikan, maka ia akan disibukkan oleh aktivitas keburukan.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menyibukkan hati, pikiran dan anggota tubuh dengan kebaikan? Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa menjadi pilihan bagi kita untuk menyibukkan hati, pikiran dan anggota tubuh dengan kebaikan:

Beberapa aktivitas yang bisa menjaga kita agar senantiasa berada dalam kebaikan diantaranya, yaitu:

a. Dzikir (mengingat Allah) dalam semua keadaan.

Dzikir sebenarnya adalah aktivitas hati dan jasad. Hati mengingat Allah, sementara jasad merealisasikannya melalui berbagai aktivitas yang membuat seorang hamba senantiasa mengingat dan mendekatkan diri pada Tuhan-nya. Senantiasa berdzikir baik dengan hati, lisan atau pun anggota badan, akan menjaga hati senantiasa ingat pada Allah. Hati akan jauh dari angan-angan kosong dan pikiran jelek. Sehingga ia (hati) tetap bersih dan terjaga dari kotoran maksiat.

b. Menunaikan setiap pekerjaan dengan sungguh-sungguh.

Menunaikan amanah pekerjaan yang baik adalah kesibukan yang mulia, yang akan menjauhkan kita dari aktivitas-aktivitas negatif yang tiada berguna.

c. Memiliki waktu khusus untuk tilawah Al quran

Tilawah Al quran termasuk salah satu aktivitas dzikir yang mengingatkan kita pada Allah. Milikilah waktu khusus untuk membacanya, karena di dalamnya terkandung ilmu dan keberkahan. Tilawah Al quran adalah amunisi ruh terbaik bagi seorang muslim.

d. Silaturahmi

Silaurahmi menjadi pengikat persaudaraan atau hubungan sosial dengan sesama manusia. Menjalin silaturahmi merupakan aktivitas positif selama ia tidak dikotori dengan kejelekan seperti ghibah, fitnah dan perbuatan tercela lainnya.

e. Berkumpul dengan orang-orang sholeh

Adalah keharusan bagi kita untuk memiliki saudara-saudara yang sholeh yang senantiasa mengingatkan kita pada kebaikan.

f. Membaca bacaan yang bermanfaat

Manfaatkan waktu luang untuk kegiatan bermanfaat, diantaranya yaitu membaca. Miliki koleksi bacaan bermutu di kamar atau perpustakaaan pribadi kita. Atau minimal, miliki kartu perpustakaan sekolah, kota, wilayah atau bahkan taman bacaan. Sehingga kita senantiasa memiliki akses bacaan bermutu setiap waktunya.

g. Menonton acara-acara yang bermanfaat

Menonton atau menyaksikan acara-acara bermanfaat bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang.

h. Mengikuti berbagai aktivitas sosial.

Sebagai mahkluk sosial, kita dituntut untuk senantiasa peduli dengan orang-orang yang ada di sekitar kita. Tidak terkecuali orang lain yang berada jauh dari lingkungan kita. Terlibat dalam aktivitas sosial, akan mengasah rasa simpati dalam hati kita. Dan yang terpenting adalah menjauhkan diri kita dari kesibukan-kesibukan lain yang dapat melalaikan hati.

Selain itu, masih banyak aktivitas-aktivitas lain yang bisa dilakukan. Semoga, kita bisa memilih mana yang terbaik diantara sekian banyak aktivitas-aktivitas positif itu. Iringi setiap aktivitas tersebut dengan niat ikhlas semata karena Allah. Insya Allah semua kesibukan itu akan menjauhkan hati kita dari kelalaian dan berbagai penyakit hati lainnya.

Oleh: Neti Suriana
Referensi:
Al-Jauzi, I. Q. 2005. Terapi Penyakit Hati. Qisthi Press. Jakarta
Husna, A. 2012. Ketika Merasa Allah Tidak Adil. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Seri Terapi Penyakit Hati (5): Mengetahui Dampak dari Perbuatan Maksiat Terhadap Diri

Seperti sudah disampaikan pada tulisan-tulisan sebelumnya, perbuatan maksiat akan berdampak negatif terhadap diri sendiri. Baik di dunia maupun di akhirat. Namun, hanya Allah yang Maha Tahu secara pasti dampak dari perbuatan maksiat tersebut.

Namun, menurut Ibnul Qoyyim Al-Jauzi sesungguhnya perbuatan maksiat akan menimbulkan dampak pada diri si pelaku. Baik disadarinya atau pun tidak. Adapun dampak dari perilaku maksiat tersebut pada diri pelakunya (menurut Ibnul Qoyyim Al-Jauzi dalam bukunya ‘Terapi Penyakit Hati’) adalah:

a. Menghalangi ilmu
b. Menghalangi rezeki
c. Mengundang kegelisahan
d. Mendatangkan kesulitan
e. Menimbulkan kegelapan hati
f. Melemahkan hati dan badan
g. Menghalangi diri dari ketaatan
h. Mengurangi usia dan mengikis keberkahan
i. Melemahkan kebaikan
j. Terkumpulnya maksiat
k. Merendahkan martabat di sisi Allah
l. Lahirnya kecemasan akibat dosa
m. Mewariskan kehinaan
n. Merusak akal
o. Jika dosa dan maksiat sudah menumpuk, ia akan menjadi stempel dalam hati pelakunya
p. Tidak memperoleh doa Rasulullah
q. Memadamkan keberkahan
r. Menghilangkan malu
s. Kemaksiatan membuat lupa pada Allah swt
t. Menjauhkan sikap ihsan dari pelakunya
u. Melemahkan sifat pengagungan pada Allah swt

Secara keseluruhan, dampak dari perbuatan maksiat adalah membuat hati seorang hamba berat untuk mendekatkan diri pada Tuhan-nya. Ia cenderung asyik dengan tipu daya dunia. Sehingga hatinya semakin sakit dan sulit menerima kebaikan.

Dengan mengetahui dampak dari perbuatan maksiat terhadap diri pelaku, diharapkan kita menjadi lebih waspada. Ketika menemukan gejala tersebut pada diri kita, sedapat mungkin kita segera untuk intropeksi diri. Mengingat kembali, perilaku maksiat apa yang telah dilakukan. Seperti halnya para Salafus sholeh yang selalu menjadikan musibah sekecil apa pun yang terjadi pada dirinya sebagai sarana untuk instropeksi diri.

Mari kita lihat bagaimana Ustman An-Nasaiburi ketika suatu saat dalam perjalanan ke Mesjid untuk melaksanakan Sholat Jum’at. Di perjalanan sandalnya putus. Ia mengatakan bahwa, “ini semua terjadi karena aku tidak mandi untuk sholat jum’at.”

Demikian juga halnya dengan Fudhail bin ‘Iyadh. Ia selalu menjadikan perubahan perilaku binatang tunggangan dan pembantu-pembantunya sebagai alarm (peringatan) bahwa ia telah melakukan kemaksiatan. Fudhail bin ‘Iyadh berkata bahwa, “sesungguhnya jika aku berbuat maksiat maka aku akan melihat perubahan pada perilaku binatang tungganganku dan para pembantuku.”

Nah, bagaimana dengan kita? Apakah mata masih berat untuk bangun di malam hari untuk menunaikan sholat tahajud? Apakah masih senang melalaikan dan menunda-nunda sholat wajib? Apakah masih terasa berat menjalankan puasa sunnah di siang hari. Jika jawabannya masih ‘iya’ boleh jadi diri kita masih bergelimang dengan kemaksiatan. Sehingga kemaksiatan itu menghalangi kita untuk melakukan amal kebaikan.

Bersegeralah untuk memaksa diri meninggalkannya sedikit demi sedikit. Ingat, betapa banyaknya dampak negatif yang akan menghiasi kehidupan kita. Dan betapa sakitnya hati kita jika setiap hari ditutupi oleh kabut dosa. Meninggalkan maksiat adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkannya.

Oleh: Neti Suriana
Referensi:
Al-Jauzi, I. Q. 2005. Terapi Penyakit Hati. Qisthi Press. Jakarta
Husna, A. 2012. Ketika Merasa Allah Tidak Adil. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Selasa, 11 Desember 2012

Macam-macam Styling Wig

Seperti yang sudah disebutkan di bagian sebelumnya, tulisan kali ini akan membahas macam-macam styling wig supaya semakin mirip dengan karakter yang akan dicosplaykan.


Menggunting wig. (sumber gambar: Google)

1. Pengguntingan wig

Gunting wig agar mirip dengan karakter yang diinginkan. Styling model ini adalah yang paling sering digunakan. Dapat dilakukan bahkan di salon biasa sekalipun.


Macam-macam hairspray. Hairspray dapat diperoleh di supermarket terdekat dengan berbagai variasi harga. Karena fungsinya untuk styling, maka pilihlah hairspray yang tahan lama. (sumber gambar: Google)

2. Hairspray wig

Untuk wig-wig tidak tahan panas yang memerlukan styling lebih, misalnya untuk membuat efek curl (keriting), digunakan hairspray. Kekurangannya adalah kadang tak terlalu awet dan biayanya juga cukup mahal.


Untuk wig tahan panas, dapat memakai catok untuk membuat efek curly/keriting maupun lurus pada wig. (sumber gambar: Google)

3. Catok

Untuk wig-wig tahan panas, dapat digunakan catok untuk men-stylingnya. Kelebihannya adalah lebih awet. Namun, sayangnya, wig tahan panas berharga lebih mahal dibandingkan wig tidak tahan panas, sehingga biayanya juga tak kalah besar.


Wig tanpa clip on (kanan) dan dengan 2 buah clip on (kiri). Clip on biasa juga disebut hair extension. Sumber gambar: Google

4. Clip-on

Untuk karakter yang berkuncir cukup tinggi, dapat digunakan clip-on agar wig dapat terlihat lebih rapi. Clip-on ini bentuknya seperti wig biasa, namun ujungnya bukan berupa cap, melainkan harus disatukan dengan wig utama untuk mendapatkan efek berkuncir. Bisa juga clip-on ini dikepang atau semacamnya untuk karakter yang rambutnya dikepang, misalnya.


Wig dengan ahoge (seperti antena). Sumber gambar: Google


Untuk mendapatkan efek bun/konde seperti ini, dapat digunakan bun dengan cara menaruh gabus berbentuk bola yang kemudian dibungkus wig untuk mendapatkan efek bun yang diinginkan. Sumber gambar: Google


Contoh wig dengan efek gradasi, misalnya pada gambar ini adalah gradasi ungu-biru. Wig bergradasi ini dapat kita beli secara langsung maupun mengecatnya sendiri. Sumber gambar: Google


Bahkan dengan bantuan aksesoris, wig rambut dengan karakter unik, misalnya Byakuya Kuchiki dari anime Bleach, bisa dibuat. Sehingga cosplay kita akan semakin mirip dengan karakter yang aslinya. Sumber gambar: Google

5. Alat-alat Lainnya

Berbagai macam alat dapat digunakan untuk styling wig sesuai dengan karakter yang dicosplaykan. Misalnya, penggunaan aksesoris seperti pita, bando, dan semacamnya. Ada juga efek lainnya, misalnya efek gradasi. Dapat digunakan cat untuk membuat efek tersebut. Atau misalnya bun (konde), dapat digunakan gabus berbentuk bola yang kemudian dililit wignya. Untuk rambut yang berdiri (ahoge), dapat digunakan kawat. Tutorial dari efek-efek spesial ini dapat dilihat di Internet sesuai dengan kebutuhan kalian.

Tulisan mengenai cosplay berikutnya akan dibahas tentang dasar-dasar make-up.

Oleh : Jessica Yulianti

Osu! Special Mode 2: Catch the Beat


Tulisan sudah dipindah ke Jagat Games.

Senin, 10 Desember 2012

Olahan Ikan Kakap

Ikan sangat penting sebagai sumber protein dan untuk kesehatan. Banyak dokter yang menganjurkan makan ikan dibandingkan makanan daging yang lain seperti ayam, sapi, dan babi (untuk yang non-muslim). Berikut ini dua sajian berbahan ikan kakap yang penulis kutip dari buku Kumpulan resep goyang lidah terbitan Hi-Fest Publishing oleh tim dapur Hi-Fest.

Kakap Panir Saus Asam Manis

Bahan :
  • 300 gram ikan kakap
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh air jeruk lemon


Bahan Paniran :
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 50 gram tepung roti
  • Minyak sayur


Bahan Saus :
  • 2 siung bawang putih ditumbuk
  • 1 buah wortel diiris tipis-tipis
  • 1 tangkai daun bawang
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan saus sambal
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula
  • ¼ sendok teh cuka
  • 200 ml kaldu (1 gelas)
  • 1 sendok teh tepung kanji


Cara membuat :
  • Potong daging ikan ukuran 5x5 cm
  • Rendam potongan ikan dalam garam dan air jeruk lemon selama 15 menit
  • Celupkan ikan dalam telur kemudian gulingkan di atas tepung roti. Goreng ikan sampai matang.
  • Tumis bawang putih sampai wangi
  • Masukkan wortel dan daun bawang, aduk sampai layu
  • Tambahkan saus tomat, sambal, garam, gula dan cuka
  • Aduk rata lalu tuangkan kaldu, aduk sampai mendidih
  • Tambahkan tepung kanji / maizena yang sudah dilarutkan dalam 2 sendok makan air
  • Aduk sampai mendidih


Tips :
  • Siram ikan saat akan dihidangkan
  • Lebih baik lagi kalau ikan baru digoreng saat akan dimakan


Kakap Goreng Saus Nule

Bahan :
  • 250 gram kakak difillet, potong dadu, balut air jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya


Adonan :
  • 3 sendok makan tepung beras
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan air
  • Garam dan merica secukupnya


Saus Nule :
  • 10 gram jamur kuping, direndam air
  • 1 buah cabai merah, dirisi panjang dan tipis
  • 1 tangkai daun bawang, diiris 2 cm
  • ¼ bawang bombay, dicincang
  • Minyak secukupnya
  • 1 sendok teh sagu
  • 2 sendok makan air
  • 250 cc air


Bumbu :
  • ½ sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Garam dan merica secukupnya


Cara membuat :
  • Kakap dicampur dengan adonan. Goreng sampai matang. Sisihkan
  • Tumis bawang bombay sampai harum. Beri bumbu, masak sebentar
  • Tambahkan jamur, air, dan cabai merah. Masak sampai mendidih
  • Beri daun bawang, kaka goreng. Aduk rata
  • Kentalkan dengan larutan sagu
  • Masak sebentar. Ikan kakap goreng saus nule siap dihidangkan


Oleh : Liana Xue
Sumber
Tim dapur Hi-Fest Publishing. 2008. Kumpulan resep goyang lidah. Jakarta: Hi-Fest Publishing

Resep macam-macam sambal

Siapa yang tidak suka pedas? Nyaris nihil! Di bawah ini ada empat resep macam-macam sambal untuk anda yang suka makan-makanan pedas tapi bosan dengan saus sambal yang dijual di toko-toko. Semoga pas untuk lidah anda!

Sambal Terasi

Bahan:
  • 5 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit merah
  • ½ sendok teh garam
  • sendok makan terasi matang
  • ½ sendok makan gula merah
  • ½ buah tomat merah, potong kecil-kecil
  • Air perasan jeruk limau (kalau ada)


Cara membuat:
  • Haluskan dulu terasi dan garam
  • Lalu masukkan cabai dan haluskan
  • Masukkan gula merah dan tomat, haluskan
  • Campurkan air perasan jeruk limau, aduk sampai rata.


Sambal Goreng Hati Ayam

Bahan :
  • 10 hati ayam
  • 10 buah cabai merah, iris menyamping
  • 3 buah cabai merah, giling sampai halus
  • 6 butir bawang merah, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 helai daun salam
  • 4 helai daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 2 gelas santan kental
  • Minyak goreng untuk menumis, secukupnya
  • Garam dan lada secukupnya


Cara membuat :
  • Hati ayam dicuci sampai bersih kemudian direbus sampai matang. Angkat lalu tiriskan, potong tipis-tipis.
  • Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah halus, serai dan lengkuas sampai wangi.
  • Masukkan hati ayam, aduk rata dengan bumbu
  • Tambahkan santan, aduk-aduk, biarkan sampai mendidih
  • Tambahkan garam dan lada secukupnya. Aduk rata
  • Biarkan beberapa saat dan siap dihidangkan


Sambal Goreng Udang

Bahan :
  • 500 gram udang jerbung yang besar, buang kepala dan kerat punggungnya
  • 300 gram kentang, potong kubus 1 cm, goreng matang
  • 1 papan petai, belah biji petai menjadi 2 bagian
  • 1 sendok makan kecap manis
  • ¾ sendok teh gula
  • 2 ½ sendok teh garam
  • 250 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis


Bumbu :
  • 5 buah cabai merah
  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 1 batang serai, diambil putihnya


Cara membuat :
  • Panaskan minyak
  • Tumis bumbu halus bersama daun salam sampai harum
  • Tambahkan udang dan petai. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan kentang. Aduk-aduk
  • Masukkan belimbing sayur, kecap, gula, dan garam. Aduk-aduk sampai belimbing layu.
  • Tambahkan air. Aduk rata. Siap disajikan.


Sambal Tempe Bakar

Bahan :
  • Tempe sebesar 20 x 15 cm
  • 3 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 4 cabai merah
  • ½ sendok teh garam


Cara membuat :
  • Tempe dibakar hingga matang di atas bara atau nyala kompor. Sisihkan
  • Bawang merah, bawang putih, dan cabai juga dibakar dan kemudian dihaluskan dengan garam. Tambahkan tempe yang telah dibakar. Aduk rata.
  • Siap disajikan


Oleh : LianaXue
Sumber
Tim dapur Hi-Fest Publishing. 2008. Kumpulan resep goyang lidah. Jakarta: Hi-Fest Publishing

Jumat, 07 Desember 2012

9 SUMMERS
10 AUTUMNS
Dari Kota Apel To The Big Apple



Begitu judul sebuah buku karya Iwan Setyawan yang sempat saya meluangkan waktu kemalasan saya untuk membaca belakangan ini. Buku tersebut merupakan salah satu koleksi buku milik teman satu kost saya, satu kamar malahan. Teman saya ini sudah lebih dulu mengkhatamkan jauh-jauh hari sebelum saya melirik cover belakang buku ini. Kenapa cover belakang..?. Saya sering melihat sebuah buku dari cover bagian belakangnya terlebih dahulu. Karena dari cover belakang itulah saya sejenak menyempatkan membaca ringkasan singkat tentang buku tersebut dan juga melirik suatu kolom – kolom komentar seseorang yang besar tentang buku tersebut. Dari situlah buku ini menarik perhatian saya untuk membacanya.

Saya penasaran dengan judul buku tersebut, yang membawakan nama salah satu buah yang saya anggap sebagai salah satu buah yang sakral, Apel (Apple), dari nama buah inilah rahasia pada film Davinci Code terpecahkan pada akhir ceritannya. Sakral bukan karena buah apel ini memiliki sesuatu yang mistik atau apapun yang berbau tidak real. Sakral karena banyak hal, tokoh, karya-karya yang besar dengan nama ini. Lihat saja Steve Job dengan gadget-gadgetnya di Apple.inc atau Issac Newton dengan theorema Newtonian yang ia dapat karena berawal saat Ia mendapati sebuah apel yang jatuh dari pohonnya. Dan tentu saja Iwan Setyawan masuk salah satunya dengan segala pencapaian yang telah digapai dan juga buku ini.



Buku ini belum saya rampungkan sampai tulisan ini diposkan. Tapi sudah banyak hal yang saya dapat dari buku ini. Buku ini mengisahkan bagaimana kisah hidup seorang putra tunggal dari lima bersaudara dari kedua orang tuanya, Iwan Setyawan itu sendiri. Seorang laki-laki anak dari seorang sopir di daerah Batu, Malang. Bagaimana perjuangan hidupnya dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang dimiliki namun kebersamaan bersama keluarga selalu menutupi semua hal yang begitu mahal untuk terbayarkan. Seorang bocah laki-laki yang menjadi sangat bersemangat dan semakin kuat melihat ketegaran saudara perempuannya.

Bagaimana perjuangan kakak sulungnya, Mbak Isa berjuang dengan kesungguhannya akan pendidikan dan sikap pantang menyerah untuk tetap berprestasi dengan segala kekurangan yang ada. Diikuti pula oleh kakak keduanya, Mbak Inan dipanggilnya, yang memiliki hati seputih hati sang bunda, ibunya. Dan tetap berjuang untuk berprestasi dalam pendidikannya. Begitu juga dengan kedua adik perempuannya yang selalu bersemangat menjalani hidup.

Tak lain pula dengan Iwan yang sangat terpacu melihat bagaimana kedua kakaknya memandang dunia. Bagaimana dengan segala kekurangan yang melilit, mereka harus dan sanggup memperjuangkan untuk hidup yang lebih baik. Bagaimana semangat belajar mereka sangat membara, membuat ia yang pendiam, berani menantang dunia. Belajar, belajar, dan belajar. Semangat tak gentar meski begitu banyak keterbatasan dan halangan yang ada mengikutinya, hingga ia, Iwan Setyawan sampai to the big apple.

Oleh : Ario dwi prabowo
Referensi :
Setyawan, Iwan. 2011. 9 Summers 10 Autumns Dari Kota Apel To The Big Apple. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Seri Terapi Penyakit Hati (4): Mengetahui Pintu Masuknya Kemaksiatan dan Berusaha Menjaganya

Dalam bukunya, ‘Terapi Penyakit hati’ Ibnu Qoyyim Al-jauzi mengatakan bahwa kemaksiatan itu masuk dalam diri manusia melalui empat pintu, yaitu:

a. Pandangan (mata)

“Jangan engkau menyusuli pandangan dengan pandangan (berikutnya – pen). Untukmu hanya (pandangan) yang pertama, sedang yang kedua bukan untukmu.” (HR. Tirmidzi). Seperti kata pepatah, mata adalah jendela hati. Jadi, apa yang dilihat oleh mata pada akhirnya akan masuk ke dalam hati. Pada umumnya pandangan selalu melahirkan dorongan untuk melakukan sesuatu. Bisa berupa dorongan kebaikan dan bisa juga dorongan kejelekan.

Ketika yang dilihat adalah sesuatu yang dilarang oleh syariat, biasanya cenderung akan mendorong seseorang untuk melakukan kemaksiatan. Itulah yang disebut dengan dorongan syahwat.

Oleh karena itu, menjaga pandangan merupakan benteng pertama untuk menjaga hati dari dorongan syahwat dan menjaga diri dari melakukan kemaksiatan. Bahkan, Rasulullah saw telah mengingatkan bahwa sesungguhnya pandangan itu merupakan panah iblis. “Pandangan itu panah yang berbisa di antara panah-panah iblis. Orang yang memejamkan matanya dari wanita, Allah mewariskan dalam hatinya iman (keindahan) sampai pada hari saat bertemu dengan-Nya.” (Al-Hadits).

b. Lintasan hati (hati)

Lintasan hati ini bisa memunculkan kehendak angan-angan dan kemauan. Sehingga Ibnul Qoyyim kemudian mengatakan bahwa angan-angan yang diperturutkan merupakan bentuk kerendahan hati. Namun, ketika angan-angan tersebut dikendalikan dengan kecerdasan dan ketinggian jiwa maka ia akan berubah menjadi bayangan positif yang dapat menumbuhkan kemauan keras untuk mewujudkannya.

Bayangan-bayangan positif tersebut menurut Ibnul Qoyyim diantaranya yaitu:

  • Bayangan tentang manfaat keduniaan
  • Bayangan untuk menangkal hal-hal negatif yang dapat merugikan dunia
  • Bayangan tentang kemaslahatan akhirat
  • Bayangan untuk menangkal semua hal yang dapat merugikan akhirat.


Sedapat mungkin kita harus beusaha menjaga agar bayangan-bayangan yang hadir dalam diri kita adalah bayangan-bayangan positif tersebut. Sehingga bayangan tersebut hanya melahirkan gerak kebaikan dalam lisan dan langkah perbuatan manusia.

c. Ucapan (lisan)

Ucapan merupakan segala sesuatu yang tersimpan di dalam hati, kemudian diucapkan melalui lisan. Jadi apa yang diucapkan oleh lisan bisa menjadi parameter kualitas hati kita. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw dalam salah satu haditsnya:

“Tidak akan lurus iman seseorang hingga hatinya lurus (menjadi lurus) dan hatinya tidak akan lurus hingga lurus pula lidahnya.” (HR. Ahmad).

Yahya Ibnu Mu’adz mengumpamakan hati itu seperti panci. Kemudian, lidahlah yang berfungsi sebagai pengais atau pengambilnya untuk kita. Dan kita mengetahui apa yang ada di dalam hati melalui apa yang ditampilkan oleh lisan, demikian juga dengan orang lain. Sebagaimana kita mencicipi makanan dengan lidah.

d. Langkah (perbuatan anggota tubuh)

Langkah disini bisa diartikan sebagai tindakan atau apa yang kita lakukan atau ekspresikan dalam kehidupan sehari-hari. Anggota tubuhlah yang mengekspresikan kemaksiatan dalam perbuatan. Oleh karena itu, gerak langkah anggota tubuh juga harus dijaga agar senantiasa melakukan hal-hal yang baik dan enggan bergerak dalam kemaksiatan.

Empat hal inilah yang menjadi pintu masuknya maksiat dalam diri manusia. Pintu-pintu inilah yang harus dijaga agar hanya memasukkan hal-hal yang diridhoi oleh Allah. Ingat, bukan ditutup, karena pintu ini selain menjadi tempat masuknya kemaksiatan juga menjadi tempat masuknya kebaikan dan ketaatan. Jadi, tugas kita hanyalah menjaga, bukan menutup.

Oleh: Neti Suriana
Referensi:
Al-Jauzi, I. Q. 2005. Terapi Penyakit Hati. Qisthi Press. Jakarta
Husna, A. 2012. Ketika Merasa Allah Tidak Adil. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Kamis, 06 Desember 2012

Seri Terapi Penyakit Hati (3): Istighfar dan meninggalkan Dosa

“Orang yang cerdas adalah orang yang selalu mengoreksi diri dan beramal saleh untuk akhiratnya. Sedangkan orang yang lemah ialah orang yang selalu mengikuti hawa nafsunya, sementara ia berharap baik memperoleh imbalan dari Allah swt.”

Manusia adalah mahluk Allah yang lemah. Di satu sisi, ia memiliki kecenderungan untuk berbuat jahat, namun di sisi lain ia juga memiliki kecenderungan untuk berbuat kebaikan. Dua kecenderungan itulah yang saling tarik menarik dan mengisi perjalanan hidup manusia.

Ketika kecenderungan berbuat baik menghiasi, maka manusia tersebut berada dalam kebaikan. Hatinya bening dengan cahaya kebaikan dan keimanan. Namun, ada kalanya hatinya dipenuhi oleh dorongan nafsu dan kecenderungan berbuat jelek. Sehingga perjalanan hidupnya pun dihiasi oleh keburukan. Hatinya dipenuhi oleh keburukan, tertutup oleh nafsu dan kemaksiatan.

Kecenderungan pada keburukan yang terus menerus berpotensi membuat hati menjadi sakit dan semakin sakit. Sulit menerima cahaya kebaikan dan lama kelamaan bisa menjadi mati. Oleh karena itu, hati yang sakit ini perlu diterapi melalui istighfar sebagai pembersih hati dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa.

Istighfar memohon ampun kepada Allah

Sungguh, Allah Maha Pengampun. Ia Maha baik terhadap makhluk-Nya dan paling mengerti dengan kebutuhan hamba-hambaNya. Manusia memang memiliki kecenderungan melakukan kesalahan. Allah Maha Tahu itu, dan Dia (Allah) menyediakan fasilitas istighfar sebagai penghapusnya.

Seperti kita tahu, kemaksiatan, kesalahan dan kelalaian merupakan penyebab utama hadirnya kemurkaan Allah. Penyebab utama hadirnya kemudaratan (bahaya, kesulitan, keburukan dan kecelakaan) baik di dunia atau pun di akhirat.

Oleh karena itu, Allah melalui Rasul-Nya (Muhammad Saw) mengajarkan, ketika seorang hamba terlanjur melakukan dosa dan kesalahan, agar segera mengiringinya dengan taubat dan istighfar. Memohon ampun pada Allah atas semua kesalahan yang telah dilakukan.

Meninggalkan dosa dan kesalahan

“Jika kalian meninggalkan dosa-dosa besar yang kamu dilarang atas-nya, maka kami akan menghapus kejelekan-kejelekan (dosa-dosa) kecil kalian.” (QS. An-Nisa’: 31).

Sungguh, perbuatan dosa yang terus menerus tidak hanya mendatangkan kemurkaan dari Allah. Akan tetapi juga dapat membuat hati menjadi sakit, hitam dan sulit menerima kebenaran. Oleh karena itu, ikhtiar untuk menterapi penyakit hati tidak cukup hanya dengan istighfar saja. Akan tetapi harus diikuti dengan keseriusan untuk meninggalkan semua dosa dan kemaksiatan tersebut.

Ibnul Qoyyim Al-Jauzi dalam bukunya mengatakan bahwa, mengulang dosa secara terus menerus dapat menghalangi terhapusnya dosa tersebut. Karenanya, tidak ada pilihan lain bagi kita selain berusaha untuk terus mawas diri. Menjauhkan diri dari dosa dan kemaksiatan. Sehingga, dosa dan kesalahan yang sama tidak terus terulang menyakiti hari.

Dari ayat di atas dapat dipahami bahwa penyebab dihapusnya dosa ada dua yaitu:
Pertama: kesungguhan meninggalkan dosa-dosa besar.
Kedua: kesungguhan untuk mengiringinya dengan ketaatan.

Keduanya harus seiring sejalan. Dan, itulah yang disebut dengan jalan menuju taqwa. Sungguh, derajat tertinggi seorang hamba di sisi Tuhannya adalah derajat taqwa. Semoga kita semua bisa mencapai derajat tersebut.

Oleh: Neti Suriana
Referensi:
Al-Jauzi, I. Q. 2005. Terapi Penyakit Hati. Qisthi Press. Jakarta
Husna, A. 2012. Ketika Merasa Allah Tidak Adil. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Seri Terapi Penyakit Hati (2): Doa

“Sesungguhnya doa itu adalah senjata bagi orang yang beriman, tiang agama, dan sinar langit dan bumi.”

Penyakit hati sangat erat kaitannya dengan ruh, keimanan dan keyakinan pada Allah SWT. Seberapa akrab interaksi kita dengan sang Khalik sangat berpengaruh terhadap kualitas kesehatan hati. Oleh karena itu, doa menjadi salah satu media penyembuh yang efektif dalam terapi penyakit hati.

Dalam buku ‘Terapi Penyakit Hati’ Ibnu Qoyyim al-Jauzi mengatakan bahwa doa adalah obat mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Baik penyakit fisik, hati maupun penyakit ruhani. Namun, terkabulnya doa sangat tergantung pada kesungguhan dan kemauan orang yang bersangkutan. Ibnu Qoyyim juga menegaskan bahwa jika menggunakan terapi doa sebagai obat, doa juga harus diiringi dengan keyakinan akan terkabulnya doa tersebut. Seseorang harus memiliki jiwa yang bersemangat. Tidak lemah dan tidak juga pasrah.

Pentingnya Kesungguhan dalam berdoa

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam berdoa.”

Kesungguhan mengandung dua unsur penting, yaitu keseriusan dan kerja keras. Artinya, ketika seorang hamba bersungguh-sungguh dalam berdoa ia akan serius, khusuk dan sepenuh hati dalam menyampaikan hajatnya pada Allah Swt. Tidak hanya sampai disitu, ia juga akan teliti dalam memenuhi dan memperhatikan adab-adab atau etika dalam berdoa.

Orang yang bersungguh-sungguh dalam berdoa juga tidak akan berhenti berdoa sebelum doanya diijabah oleh Allah. Dia akan terus bekerja keras, mengulang-ulang doanya hingga dikabulkan oleh Allah. Mengiringi doanya dengan ikhtiar yang menjadi pintu atau sebab doa itu terkabul. Memelihara hati agar tidak mudah putus asa, memupuk kesabaran dan selalu berbaik sangka pada Allah. Dan, sungguh Allah Maha mengabulkan setiap doa hamba-Nya.

Sebab-sebab Tertolaknya Do’a

Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Anas bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Seorang hamba akan selalu baik selama ia tidak tergesa-gesa dalam berdoa”. Para sahabat bertanya, “Bagaimana seseorang tergesa-gesa?” Rasulullah Saw menjawab, “Orang tersebut berkata, ‘Aku telah berdoa kepada Tuhan, namun Dia belum menjawab (mengabulkan) doaku’.”

Ada beberapa sebab tertolaknya doa:

a. Tergesa-gesa dalam berdoa

Tidak sabar atau tergesa-gesa dalam menanti terkabulnya doa adalah salah satu sebab tertolaknya doa. Ibnul Qayyim mengibaratkan seorang hamba yang terburu-buru dalam berdoa tersebut dengan seorang petani yang menanam tanaman di ladangnya. Pada awalnya ia begitu telaten dalam merawat tanamannya. Mulai dari menyiram, menyiangi gulma, memupuk dan sebagainya. Namun, ketika melihat tanaman itu belum juga menghasilkan, ia mulai lemah dan putus asa. Akhirnya ia meninggalkan dan mengabaikan tanamannya yang masih membutuhkan perawatan dan perhatiannya. Akibatnya, tentu saja ia akan kehilangan hasil panen yang diharapkan.

b. Berburuk sangka pada Allah

Sebagaimana dalam hadits qudsi Allah berfirman bahwa sesungguhnya Dia (Allah) sesuai dengan prasangka hamba-Nya.

c. Lalai

“Berdoalah kepada Allah dan kalian harus yakin akan adanya ijabah (jawaban dari Allah). Ketahuilah bahwa Allah tidak akan menerima doa dari orang-orang yang lalai.” (Al Hadits)

d. Memakan harta yang haram

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki-rezeki yang baik yang Kami berikan.” (QS. Al Baqarah:172).

Oleh: Neti Suriana
Referensi:
Al-Jauzi, I. Q. 2005. Terapi Penyakit Hati. Qisthi Press. Jakarta
Husna, A. 2012. Ketika Merasa Allah Tidak Adil. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Suriana, N. 2011. Doa Penenang Hati. Rumah Ide. Jakarta.

Rabu, 05 Desember 2012

Instrumen Pemerintah untuk Meningkatkan Perekonomian Negara

Perekonomian merupakan denyut nadi negara. Berjalannya perekonomian suatu negara dapat menjadi indikasi apakah negara tersebut memiliki perkembangan yang positif atau negatif. Hal ini dapat dilihat melalui pembangunan berupa gedung-gedung fasilitas akomodasi dan produksi. Pemerintah merupakan pemain inti dalam perkembangan perekonomian negara. Selain itu peran masyarakat sebagai konsumen dan tenaga kerja beserta para pengusaha juga ikut mendukung peran pemerintah. Seperti yang kita ketahui selain dari BUMN, penghasilan utama negara adalah pajak. Pajak ini dikumpulkan dari masyarakat dan nantinya akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur atau untuk investasi baik itu di dalam maupun luar negeri.

Sebagai pemain inti pemerintah memiliki instrumen untuk membuat perekonomian negara naik atau turun dengan melihat tingkat inflasi dan faktor lainnya agar pemerintah tidak salah memakai kebijakan. Inflasi juga memiliki pengaruh baik dan buruk. Pengaruh baik inflasi jika dapat dikendalikan oleh pemerintah maka inflasi tadi dapat meningkatkan pendapatan dan menunjang perekonomian. Sebaliknya jika pemerintah (BI) tidak dapat mengendalikan tingkat inflasi maka yang terjadi adalah kenaikan harga barang dan jasa dengan pesat sehingga menyebabkan kepada penurunan perekonomian. Paling parah ketika terjadi hiperinflasi dan hal ini pernah dialami Indonesia pada saat krisis moneter tahun 1998. Adapun instrumen pemerintah adalah:

1. Pajak

Pajak berperan utama sebagai pemasukan utama pemerintah yang berasal dari masyarakat. Jenis pajak juga bermacam-macam dan diantaranya adalah pajak bumi dan bangunan, pajak penghasilan, dll. Untuk memajukan perekonomian dibutuhkan perputaran uang baik itu di bidang barang maupun jasa dan berada di luar dan dalam negeri.

Jika pemerintah meningkatkan pajak. Maka yang akan terjadi adalah penurunan perekonomian. Karena peningkatan pajak berarti peningkatan beban pengusaha dan masyarakat kepada pemerintah. Akibatnya produksi para pengusaha terpaksa diturunkan atau dengan cara pengurangan tenaga kerja (PHK). Sehingga pengangguran meningkat begitu juga dengan ekspor pun akan menurun. Inflasi pun terjadi ketika barang yang ada di pasar lebih sedikit dibandingkan permintaan. Sehingga masyarakatpun menerima dampak buruk dari hal ini. Lain halnya jika pemerintah menurunkan pajak. Pengusaha akan termotivasi untuk berproduksi dengan lebih maksimal dan efisien. Akibatnya terbukalah lapangan pekerjaan baru dan banyak tenaga kerja teserap. Sehingga pengangguran berkurang dan ekspor meningkat. Apabila dilihat dari segi penerimaan pajak pemerintah memang berkurang, namun pendapatan pemerintah dari biaya ekspor meningkat.

2. Pengeluaran Pemerintah (Government Expenditure)

Pengeluaran pemerintah disini dapat berupa pembangunan infrastruktur dan fasilitas lainnya yang dapat mendorong keberlangsungan produksi para pengusaha. Semisalnya saja harga daging saat ini mahal dikarenakan diberlakukannya pembatasan impor daging. Bukan berarti peternak Indonesia tidak dapat mencukupi kebutuhan daging di ibu kota. Tetapi jauhnya jarak dari tempat peternak dan biasanya didukung dengan keadaan jalan yang buruk membuat peternak malas untuk memasok ke ibu kota. Karena biaya agar mencapai ibu kota sangat besar, dan pada akhirnya ketika sampai di kota harga daging menjadi sangat mahal. Jika pemerintah melakukan perbaikan infrastruktur maka percepatan jalur perekonomian akan meningkat karena dapat menghemat biaya di jalan.

Kebijakan pemerintah untuk memajukan perekonomian harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena kesalahan dalam melakukan kebijakan dapat memberikan dampak yang buruk bagi negara. Dua instrumen di atas dapat dipakai beriringan atau sebaliknya, bergantung kepada keadaan riil di Indonesia seperti apa yang terjadi. Melalui keadaan yang ada pemerintah bisa menyesuaikan kebijakannya dengan instrumen yang dimiliki, dan harapannya kebijakan pemerintah dapat memberikan pengaruh positif serta memajukan perekonomian bangsa.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan

Kehidupan Penduduk Pesisir Ujung Genteng

Ujung Genteng yang terletak di kabupaten sukabumi merupakan sebuah tempat wisata yang cukup terkenal di Indonesia. Banyak orang yang menginginkan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Apalagi di dekat daerah wisata ini terdapat konservasi penyu hijau, tepatnya di desa Pangumbahan yang jarak tempuhnya kira-kira satu jam jika dilalui dengan berjalan kaki. Pemandangan yang indah dengan perpaduan lautnya yang begitu bersih membuat wisatawan asing dan lokal berdatangan untuk menikmati indahnya pantai Ujung Genteng.

Kepemilikan tanah dari Ujung Genteng ini kebanyakan adalah milik TNI AU. Namun, masyarakat disana dapat memiliki tempat tinggal setelah memperoleh izin dari pihak TNI AU dan kepala desa setempat. Mayoritas penduduk Ujung Genteng bukanlah penduduk asli setempat. Melainkan pendatang dari berbagai daerah di sekitar Pulau Jawa dan menetap, dan kebanyakan di antaranya memiliki tempat tinggal. Pekerjaan yang banyak digeluti masyarakat Ujung Genteng adalah nelayan. Selain nelayan profesi penduduk lainnya adalah petani, pedagang, dan PNS.

Walaupun Ujung Genteng merupakan tempat wisata, jika kita melihat keadaan di dekat pantai tersebut kita akan merasa sedikit miris. Karena masih banyak potensi wisata yang bisa diolah tetapi tidak ditindak lanjuti oleh pemerintah. Selain itu, dari segi pendapatan penduduk pesisir Ujung Genteng belum termasuk kepada masyarakat yang cukup mampu secara menyeluruh. Kebanyakan penduduk disana menjadi nelayan dengan bekerja kepada bos atau pemilik kapal.

Penduduk disana yang termasuk memiliki taraf hidup menengah ke atas adalah para pemiliki kapal. Mereka biasanya mempekerjakan nelayan lain dengan bagi hasil dari tangkapan nelayan, umumnya sebesar 40:60. 40% untuk pemilik kapal dan 60% untuk nelayan. Namun, untuk jaring mereka harus membayar lagi, karena jaring tidak disediakan langsung oleh pemilik kapal. Para bos pemilik kapal ini bisa memiliki sampai 20 kapal. Sehingga dapat dikatakan pemilik kapal di Ujung Genteng sangatlah makmur. Perbedaan taraf kehidupan sebenarnya cukup terlihat disana, namun dikarenakan bangunan penduduk disana cukup sederhana sehingga untuk melihat perbedaannya secara langsung kita bisa menanyakannya kepada penduduk setempat.

Pendapatan nelayan sangat fluktuatif, dikarenakan hasil tangkapan dipengaruhi oleh cuaca dan berbagai faktor lainnya. Pendapatan nelayan di Ujung Genteng maksimal ±Rp. 2.000.000 dan paling sedikit sekitar ±Rp 150.000. Jika mereka melaut. Walaupun sebenarnya jumlah ini berbeda dengan nelayan-nelayan lainnya. Sekali melaut para nelayan ini bisa berada di laut selama 2x24 jam, dan mereka melakukannya selama seminggu sebanyak 2 - 3 kali, Karena membutuhkan waktu istirahat dan persiapan untuk melaut berikutnya. Resiko para nelayan ketika melaut adalah cuaca dan hasil tangkapan yang tidak memadai. Banyak nelayan yang meninggal ketika melaut dikarenakan tidak bersahabatnya cuaca. Belum lagi hasil tangkapan yang diperoleh sangat sedikit sehingga nelayan terpaksa berhutang untuk menutupi semua biaya operasional ketika melaut.

Keberadaan Ujung Genteng sebagai tempat wisata memberikan pengaruh baik kepada penduduk sekitar. Karena mereka dapat memperoleh tambahan penghasilan dari para wisatawan baik itu yang berasal dari dalam dan luar negeri. Dengan adanya wisata ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan menyerap tenaga kerja penduduk setempat sehingga perekonomian disekitar Ujung Genteng pun meningkat. Harapan penduduk tersebut adalah ditingkatkannya perhatian pemerintah terhadap obyek wisata ini dengan melalui promosi yang lebih intens sehingga diketahui oleh semua penduduk indonesia dan kabarnya dapat dicapai ke luar negeri. Selain itu pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan untuk memudahkan perjalanan dan kebutuhan wisata lainnya untuk mencapai lokasi wisata Ujung Genteng.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan

Selasa, 04 Desember 2012

Osu! Special Mode 1: Taiko


Tulisan sudah dipindah ke Jagat Games.