Selasa, 26 Juni 2012

Keuntungan dan Kerugian Globalisasi bagi Bangsa Indonesia Part. 1

Globalisasi adalah sebuah era baru ketika semua negara di dunia ini tidak lagi mengenal batasan ruang dan waktu. Semua negara tergabung dalam suatu kesatuan dan setiap orang di dunia ini bisa berinteraksi dengan mudah tanpa. Globalisasi bisa menjadi keuntungan dan kerugian tersendiri bagi suatu negara. Suatu negara bisa maju pesat karena mampu memanfaatkan era globalisasi ini untuk memperkuat kedudukannya di mata dunia. Sebaliknya, negara juga bisa hancur karena tidak mampu menghadapi tantangan baru di era globalisasi ini. Indonesia juga menjadi bagian dari era globalisasi ini. Mau tidak mau, Indonesia harus turut berpartisipasi dalam persaingan global. Jika kita tidak siap menerima tantangan ini, sudah pasti kita tidak akan pernah bisa menjadi bangsa yang maju.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi mempunyai banyak arti. Kita bisa mengartikan globalisasi sebagai sebuah terobosan baru dalam kehidupan umat manusia yang mampu mengubah hampir semua kehidupan manusia. Semua manusia yang tinggal di bumi ini bisa merasakan perubahan tersebut dan juga turut berpatisipasi dalam perubahan. Globalisasi hanya bisa dipicu oleh berkembangnya teknologi dan peradaban umat manusia. Dengan adanya teknologi modern, manusia bisa berkomunikasi dengan mudah tanpa perlu menghabiskan banyak tenaga. Mereka bisa berinteraksi dengan orang lain tanpa memperdulikan batas ruang dan waktu. Globalisasi tidak mungkin ada tanpa teknologi informasi yang mempercepat arus komunikasi antar negara di dunia ini. Kita semua pasti sudah mengenal internet dan berbagai atau perangkat elektrik. Penemuan-penemuan tersebut telang mengubah dunia ini sedemikian pesatnya sehingga manusia bisa berinteraksi dengan mudah. Penemuan teknologi tersebut tidak hanya memicu lahirnya globalisasi, melainkan juga melahirkan tantangan dan peluang baru bagi setiap negara di bumi ini.

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, definisi globalisasi adalah proses kegiatan ekonomi yang melibatkan semua negara di dunia. Mereka semua tergabung dalam satu kekuatan besar yang terintegrasi secara total. Tuntutan di era modern ini bisa meniadakan batas ruang dan waktu karena semua kekuatan eknomi harus terintegrasi. Dengan kata lain, suatu negara bisa saja mengintervensi kegiatan ekonomi negara lain dengan bebas. Tidak ada hambatan yang berarti bagi arus barang produksi atau jasa. Selain itu, investor di seluruh penjuru dunia bisa menginvestasikan modal yang mereka miliki di negara manapun yang mereka suka selama negara tersebut masih mempunyai potensi menjanjikan.

Dampak Globalisasi bagi Kemajuan Peradaban Manusia

Globalisasi membawa pengaruh yang besar terhadap kehidupan umat manusia dan semua negara di bumi ini. Globalisasi mampu mengubah kehidupan politik,ekonomi, medis, dan budaya. Di era modern ini, setiap negara berusaha keras menonjolkan ciri khas dan potensi yang dimilikinya untuk memenangkan kompetisi global. Negara yang tidak mempunyai potensi khusus tidak akan pernah memenangkan persaingan ini. Negara maju bisa bertambah semakin maju, sementara negara miskin semakin terpuruk. Semua konsekuensi era globalisasi ditentukan oleh kesiapan suatu negara untuk menghadapi tantangan.

Oleh : Kevin Wahyono
Related Posts : bumi , dunia , ekonomi , era , globalisasi , interaksi , kehidupan , kevin wahyono , maju , manusia , modern , negara , peradaban , pesat , potensi , ruang , tantangan , teknologi , umat manusia

0 comments :

Poskan Komentar