Sabtu, 04 Februari 2012

Mencari dengan Gambar di Google

Ya, judulnya memang mencari dengan gambar, bukan sekedar mencari gambar yang biasa kita lakukan.. :)

Pernahkah anda mencari gambar di Google? Sebagian besar dari anda tentu akan menjawab pernah. Misalnya dengan memasukkan kata kunci tertentu lalu Google akan mengembalikan gambar-gambar yang terkait dengan kata kunci tersebut.

Misalnya adalah pencarian gambar yang biasa kita lakukan, disebut "pencarian gambar berbasis teks" (text based image retrieval) atau dalam dunia akademik dikenal dengan istilah "pengindeksan gambar berbasis konsep" (concept based image indexing). Teknik pencariannya menggunakan indeks seperti pada pencarian situs biasa, dan dapat memanfaatkan kata kunci, topik bahasan, keterangan gambar, maupun teks bahasa alami yang ditemukan pada halaman di sekitar gambar tersebut.

Sebagai contoh bukalah situs Google Image berikut, lalu masukkan kata kunci misalnya "anak jalanan":

http://images.google.com/


maka Google akan memberikan banyak gambar terkait dengan anak jalanan seperti berikut:


Berbeda dengan kasus di atas, bagaimana kalau kita mempunyai sebuah gambar, lalu ingin mencari gambar-gambar lain yang mirip, atau situs-situs yang berisi gambar tersebut? Kalau kita tidak tahu kata kunci terkait gambar tersebut, maka kita tidak dapat menggunakan teknik pencarian gambar berbasis teks seperti di atas.

Misalnya, kita mempunyai sebuah gambar seperti di bawah, dan asumsikan bahwa kita tidak tahu kata kunci apapun yang terkait dengan gambar ini.


Bisakah kita mencari di Google gambar-gambar lain yang mirip, ataupun situs-situs yang berisi gambar ini? Jawabnya adalah bisa.. :)

Buka kembali situs Google Image di atas:

http://images.google.com/

Tetapi sebagai ganti kata kunci, kali ini klik ikon kamera kecil di pojok kanan textfield pencarian, maka akan muncul field untuk memasukkan gambar, apakah dengan URL-nya ataukah dengan cara upload langsung dari komputer.


Selanjutnya kita masukkan URL gambar yang ingin kita cari, atau upload langsung dari komputer kita dan lakukan pencarian, maka Google akan memberikan hasil seperti di bawah.

Pertama-tama, Google mencoba menebak kata kunci yang paling sesuai untuk gambar ini, yaitu:


Kemudian Google memberikan beberapa gambar lain yang dianggap mirip, yaitu:


Dan akhirnya kita diberikan sederet situs-situs berisi gambar yang kita cari:


Ini adalah pencarian gambar menggunakan gambar yang mungkin jarang kita lakukan, tetapi kebutuhan untuk itu tentu saja ada dan akan semakin besar di masa depan seiring dengan semakin meledaknya jumlah informasi yang kita hasilkan, terutama dalam bentuk gambar dan video. Pencarian seperti ini disebut "pencarian gambar berbasis konten" (content based image retrieval, CBIR), dikenal juga sebagai "kueri dengan konten gambar" (query by image content, QBIC) atau "pencarian informasi visual berbasis konten" (content based visual information retrieval, CBVIR).

Berbeda dengan pencarian gambar berbasis teks yang bergantung pada metadata yang menyertai gambar, maka pencarian gambar berbasis konten melakukan pencarian dengan menganalisa konten aktual dari gambar itu sendiri. Yang dimaksud dengan konten di sini meliputi warna, bentuk, tekstur, atau informasi lain yang dapat diambil dari gambar tersebut. Dengan teknik ini diharapkan akan memberikan hasil pencarian gambar yang lebih baik dibanding pencarian yang murni bersandar pada metadata seperti yang banyak dilakukan oleh mesin-mesin pencari saat ini.

Apakah anda mempunyai sebuah gambar yang menarik tetapi misterius, dan ingin tahu dari mana gambar itu berasal? Silakan cari dengan gambar di Google Image.. :)


Oleh: Bowo Prasetyo

Related Posts :