Selasa, 28 Desember 2010

Pijit Bayi I


Tulisan sudah dipindah ke Pijit Bayi.

Kamis, 23 Desember 2010

Persalinan Dengan Caesar II

Gejala-gejala depresi pasca-persalinan

  • di penuhi perasaan sedih dan depresi yang disertai dengan menangis tanpa sebab
  • tidak memiliki tenaga atau hanya sedikit saja
  • tidak dapat berkonsentrasi
  • ada perasaan bersalah dan tidak berharga
  • menjadi tidak tertarik dengan bayi anda atau menjadi terlalu memerhatikan dan kuatir terhadap bayi anda
  • berat badan meningkat yang disertai dengan makan berlebihan
  • berat badan menurun yang disertai tidak mau makan
  • ada perasaan takut menyakiti diri sendiri atau bayinya
  • tidak dapat tidur atau tidur berlebihan
  • mengalami rasa sedih yang berkelanjutan


Depresi pasca-persalinan lebih sering terjadi, jika:

  • ibu mempunyai riwayat depresi pasca-persalinan pada persalinan sebelumnya
  • ibu sudah mengalami depresi sebelumnya, atau depresi yang tidak berhubungan dengan kehamilan
  • ibu mengalami PMS atau premenstrual syndrome yang berat, yaitu perbuahan emosional menjelang menstruasi
  • ibu mengalami kesulitan dalam perkawinan selama proses kehamilan
  • ibu tidak mempunyai kerabat dekat atau sahabat sebagai tempat bicara atau bertukar pikiran.


Tips menanggulangi depresi setelah persalinan

  • temukan seseorang untuk bertukar pikiran, baik saudara, teman dekat, atau pasangan anda, dan ungkapan rasa kuatir dan ketakutan anda
  • carilah waktu untuk diri sendiri, dan berikan kesenangan untuk diri sendiri
  • lakukan pekerjaan satu per satu dalam satu waktu, karena para ibu cenderung melakukan sekaligus banyak pekerjaan dalam satu waktu. Anda tidak perlu memburu waktu dan tak perlu merasa marah bila anda tidak dapat menyelesaikan semuanya. Walaupun anda hanya dapat menyelesaikan satu pekerjaan dalam satu hari saja, itu sudah menunjukkan langkah yang baik
  • beristirahatlah sedapat mungkin. Biarkan pasangan anda atau anggota keluarga lain membantu membereskan pekerjaan rumah tangga dan mengurus si kecil untuk sementara
  • Batasilah teman-teman yang mengunjungi anda dan bayi anda. Tunggu satu atau dua minggu
    bicarakan dengan dokter tentang perasaan anda ini, sehingga dokter dapat memberikan pertolongan profesional yang dibutuhkan


Jika perasaan anda semakin tidak menentu, sedih, binggung, dan sulit untuk mengurus diri anda sendiri dan keluarga, baik anda menghubungi dokter anda sehingga ia dapat menentukan apakah anda menderita apa yang disebut depresi pasca-persalinan sehingga dapat memberikan penanganan dini yang terbaik untuk anda. Depresi pasca-persalinan dapat diobati dengan terapi, konseling, dukungan dari lingkungan, dan / atau obat antidepresi bila dibutuhkan.

Mengalami perasaan depresi tidak berarti anda adalah sosok yang buruk, atau anda melakukan suatu kesalahan besar. Ini sering terjadi pada hampir separo ibu baru, dan anda tidak sendirian mengalami hal ini. Berkonsultasi dengan dokter atau psikiater bukan tanda bahwa anda lemah, bahkan sebaliknya usaha ini memperlihatkan tanggung jawab anda sebagai ibu yang baik yang memerhatikan kesehatan anda demi kebahagian keluarga.

Oleh : Desiani
Sumber : Buku pintar merawat bayi 0-12 bulan, dr.Suririnah, penerbit gramedia, 2009

Persalinan Dengan Caesar I

Perubahan fisik yang dirasakan setelah proses persalinan dengan operasi caesar

Operasi caesar adalah operasi besar sehingga memerlukan waktu beberapa minggu untuk pulih sempurna. Namun, dengan bantuan obat anti sakit dan dukungan dari keluarga, anda tetap melakukan perawatan bayi yang terbaik, tapi sebaiknya tetap tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan berat dahulu.

Bila melalui proses persalinan secara caesar, anda akan mengalami perubahan tubuh yang sama seperti wanita lain yang melahirkan secara normal, tetapi anda akan mengalami sedikit masalah saat akan duduk, berdiri, bergerak, atau berjalan akibat rasa sakit bekas operasi pada daerah perut. Bahkan akan terasa sakit saat anda tertawa atau batuk. Rasa sakit dapat sedikit berkurang jika anda memegang daerah jahitan dengan tangan. Jangan menahan rasa sakit, bila perlu mintalah obat pengurang rasa sakit.

Walaupun anda merasa sakit saat bergerak, apalagi berjalan, cobalah tetap berlatih berjalan. Semakin cepat anda mulai bergerak, semakin baik untuk sirkulasi tubuh dan penyembuhan. Mungkin sangat sulit pada awalnya, tapi bila anda terus mencobanya, maka selanjutnya akan lebih mudah melakukan kembali.

Meskipun melahirkan dengan operasi caesar, anda tetap dapat memberikan asi kepada bayi. Apabila terjadi rasa sakit pada jahitan di sekitar perut, cobalah mencari posisi menyusui yang terbaik dan nyaman bagi anda.

Tubuh anda memerlukan waktu lebih dari 6 minggu untuk pulih setelah operasi caesar, jadi konsumsilah makanan bergizi dan cukup cairan yang dapat membantu proses pemulihan lebih cepat. Rawatlah luka jahitan agar tetap kering, dan hindari membawa atau memindahkan barang-barang berat selama beberapa minggu. Hubungi dokter anda segera, bila luka bekas jahitan menjadi bengkak, kemerahan atau terbuka.

Pemerikasaan ulang ke dokter

Dokter kandungan anda akan memberikan jadwal pemeriksaan ulang dalam 4-6 minggu setelah proses persalinan baik normal maupun operasi. Lakukan pemeriksaan ulang ini, sehingga dokter dapat memantau keadaan jahitan, memeriksa keadaan rahim, memastikan kesehatan anda. Ini juga memberikan kesempatan anda untuk berkonsultasi kepada dokter tentang keluhan yang ada, seperti masalah hubungan intim, menstruasi, diet, atau masalah pencegahan kehamilan (kontrasepsi).


Perasaan dan emosi yang dirasakan setelah proses persalinan

Sebagai ibu baru anda juga perlu memberi perhatian terhadap “apa yang anda rasakan” atau “perasaan anda” sehingga apa yang disebut “baby blues” atau depresi pasca-persalinan tidak timbul dan mengenai diri anda secara perlahan atau tiba-tiba.

Beberapa hari setelah melahirkan, kebanyakan wanita akan mengalami perubahan emosional yang labil, yaitu mereka merasa bahagia dan beberapa saat kemudian merasa sedih tanpa sebab, merasa tidak mampu atau takut tak dapat menjadi ibu yang baik dan sebagainya. Kondisi ini normal-normal saja.

Baby blues syndrome adalah kondisi yang sering terjadi dan menimpa hampir separo ibu baru. Umumnya terjadi dalam 14 hari pertama setelah melahirkan, dan cenderung lebih buruk sekitar hari ketiga atau keempat setelah persalinan.


Baby blues syndrome terjadi karena setelah proses melahirkan, tubuh akan mengalami perubahan fisik yang besar dan hormon-hormon dalam tubuh juga mengalami perubahan yang besar. Padahal, saat itu anda sedang dalam kondisi lelah setelah melalui proses persalinan. Semua ini akan memengaruhi perasaan anda.

Jika anda baru pertama kali melahirkan dan mengalami gejala-gejala Baby blues syndrome, ini adalah bagian normal dari masa awal naluri keibuan anda dan biasanya gejala akan menghilang dalam 10 hari setelah proses melahirkan. Jadi, sebaiknya terima saja kondisi ini dengan sabar dan yakin bahwa semua perasaan ini normal-normal saja dan akan segera berlalu. Dengan sabar dan penuh keyakinan, anda pasti dapat melaluinya dengan perasaan lebih baik.

Tetapi, pada sebagian wanita, gejalanya berkembang menjadi lebih buruk dan berlangsung lama. Ini yang disebut sebagai “depresi pasca-persalinan”. Walaupun depresi pada kebanyakan wanita timbul sesaat setelah proses persalinan, tetapi beberapa wanita mulai mengalami depresi ini beberapa minggu atau bulan berikutnya setelah proses melahirkan. Yang termasuk depresi pasca-persalinan, bila depresi ini timbul dalam waktu enam bulan setelah proses persalinan.

Oleh : Desiani
Sumber : Buku pintar merawat bayi 0-12 bulan, dr.Suririnah, penerbit gramedia, 2009

Rabu, 22 Desember 2010

Seputar Persalinan II

4. wasir atau hemoroid

Wasir atau hemoroid adalah pembesaran vena dibagian bawah rektum dan anus. Sering timbul saat kehamilan dan biasanya menghilang tanpa pengobatan setelah persalinan. Pada proses melahirkan secara normal ketika anda mengejan, biasanya wasir ini akan membengkak dan nyeri. Mintalah obat topikal untuk wasir kepada dokter anda, bila anda merasa tidak nyaman. Cegahlah terjadinya konstipasi (susah buang air besar) dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan minum yang cukup.

5. payudara yang kencang dan membesar

Dalam dua hari pertama setelah persalinan, payudara kana menghasilkan kolostrum, cairan berwarna kekuningan, yang kaya akan nutrisi untuk bayi anda. Payudara akan terasa kencang dan membesar. Gunakan bra yang dapat menyokong payudara anda yang membesar karena proses menyusui ini.

6. rambut rontok

saat kehamilan, karena pengaruh hormon, rambut tumbuh lebih banyak dan lebih kuat/tidak mudah rontok. Setelah persalinan sampai enam bulan, tubuh akan membuang kelebihan rambut tersebut dan kembali ke keadaan rambut normal Anda.

7. berat badan

setelah proses persalinan, berat badan anda berkurang 5-7 kg dan dalam minggu pertama, berat badan akan berkurang kembali 1-3 kg dari timbunan cairan yang terjadi selama kehamilan. Jumlah penurunan berat badan tergantung dari berapa banyak pertambahan berat badan anda selama kehamilan.

8. Menstruasi

untuk ibu yang memberikan susu formula kepada bayinya, menstruasi akan kembali pada 6-8 minggu setelah proses persalinan. Bagi yang memberikan asi secara eksklusif (hanya asi saja) kepada bayi, tidak akan terjadi menstruasi sampai beberapa bulan. Walaupun menstruasi tidak terjadi, selalu ada kemungkinan untuk terjadi kehamilan, karena produksi sel telur tidak pernah dapat ditentukan.

9. stres inkontinensia urin = tidak dapat menahan kencing

Kondisi ini merupakan salah satu efek samping yang dapat timbul selama kehamilan dan persalinan. Jika saat hamil anda mengalami kesulitan mengontrol kencing, biasanya juga akan mengalami problem yang sama setelah persalinan. Namun, jangan kuatir, ini masalah yang sering dan biasanya bersifat sementara yang akan hilang setelah beberapa waktu, tapi pada beberapa wanita menjadi menetap.
Faktor yang meningkatkan terjadinya inkontinensia adalah riwayat persalinan normal dengan jumlah anak banyak, persalinan yang lama, bayi yang dilahirkan besar, serta persalinan dengan bantuan alat. Biasanya lebih sering terjadi pada persalinan normal dibandingkan operasi caesar.

10. Hubungan seks

kapan hubungan seksual dapat dilakukan setelah persalinan? Anda sebaiknya menunggu sampai pendarahan berhenti dan luka jahitan sembuh atau biasanya hubungan seksual dapat dimulai kembali 4-6 minggu setelah persalinan. Kebanyakan wanita setelah persalinan akan merasa tidak nyaman ketika melakukan hubungan seksual, tetapi hal ini akan berangsung membaik bersamaan dengan berjalannya waktu. Bicarakan masalah ini secara terbuka dengan suami, bila anda masih merasa tidak dapat melakukan hubungan seks, dan beritahukan alasan ketidaknyamanan yang anda rasakan sehingga pasangan anda tidak merasa ditolak. Komunikasi secara terbuka akan menjadi dasar hubungan yang baik dalam rumah tangga.

Kehamilan dapat terjadi juga dalam periode pasca-persalinan ini. Jadi, sebaiknya konsultsikan dengan dokter anda untuk membicarakan cara pencegahan kehamilan atau KB yang ingin anda lakukan.

Oleh : Desiani

Seputar Persalinan I

Perubahan Fisik yang dirasakan setelah Proses Persalinan Normal

Setelah proses melahirkan bayi, tubuh akan mengadakan perubahan untuk menyesuaikan diri kembali ke keadaan tidak hamil. Periode ini disebut periode pasca-persalinan yaitu selama enam minggu pertama setelah melahirkan bayi. Kebanyakan wanita akan merasa tidak nyaman oleh beberapa keadaan yang diakibatkan proses persalinan, dan ini keadaan yang normal.

Sabar saja dan berikan waktu untuk diri sendiri sebelum anda kembali ke keadaan sebelum hamil dahulu.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui untuk mengatasi keadaan yang mungkin timbul selama periode ini.

  1. Episiotomi (Pengguntingan di daerah perineum) saat proses persalinan
    Bila mendapat episiotomi, anda akan mengalami rasa nyeri di daerah perineum (daerah antara vagina dan anus). Jahitan, robekan atau luka akan terasa sangat tidak nyaman.

  2. Untuk mengurangi rasa sakit:
    • Mintalah obat pengurang rasa sakit bila Anda memerlukannya (biasanya hanya selama beberapa hari)
    • Jagalah kebersihan daerah perineum anda. Ganti pembalut beberapa kali sehari. Pembalut yang lembab dan terlalu lama dipakai dapat menjadi sumber kuman
    • setelah buang air kecil, siramlah bagian tersebut dengan air hangat, lalu dikeringkan secara lembut
    • isi kantong dengan es atau bungkus es dengan kain bersih, dan letakkan didaerah tersebut untuk meringankan rasa nyeri
    • bila saat duduk terasa sangat tidak nyaman, gunakan bantal berbentuk donat untuk mengurangi tekanan
    • teruskan latihan kegel anda sehari setelah persalinan. Latihan ini akan membantu mengurangi rasa nyeri dan memperkuat otot-otot panggul. Mulai dari 5 detik dan lakukan 5-10 kali secara berulang dalam sehari.
    • Perhatikan tanda-tanda infeksi seperti rasa sakit yang bertambah, rasa panas, bengkak dan keluar nanah. Bila terjadi tanda seperti itu, segera hubungi dokter Anda.
    • Tidak perlu kuatir jahitan akan lepas, bila anda buang air besar. Keadaan ini akan makin membaik dalam beberapa minggu. Bersihkan dan keringkan dengan lembut bagian jahitan setiap selesai buang air besar.


  3. Cairan yang keluar dari vagina

  4. Empat sampai delapan minggu setelah proses persalinan, vagina akan mengeluarkan cairan yang disebut lokia, yang disebebkan karena pelepasan plasenta dari dinding rahim. Setiap wanita akan mengalami pendarahan ini setelah proses persalinan normal maupun operasai caesar. Pendarahan ini seperti menstruasi, tetapi keluar lebih banyak pada hari-hari pertama persalinan dan secara bertahap jumlahnya semakin berkurang. Anda dapat mengalami pengeluaran lokia sekitar 2-3 minggu atau lebih dari 6 minggu setelah persalinan. Dimulai dengan lokia berwarnaa merah terang yang disertai dengan gumpalan, lalu menjadi merah kecoklatan dan secara bertahap menjadi cairan kuning keputihan.
    Ini normal dan merupakan cara tubuh secara alamiah mengeluarkan sisa darah, lendir, dan sisa jaringan yang tertinggal dalam rahim. Hubungi dokter bila terjadi pendarahan vagina yang hebat, lokia yang keluar berbau busuk, atau terjadi demam tubuh lebih dari 38 derajat celcius.

  5. Rasa sakit seperti menstruasi

  6. setelah proses persalinan, anda akan merasakan rasa kram perut seperti saat menstruasi. Ini terjadi karena kontraksi untuk mengembalikan rahim ke ukuran dan bentuk sebelumnya dan membantu otot rahim menekan pembuluh darah yang terbuka akibat pelepasan plasenta dari dinding rahim. Rasa kram ini akan meningkat beberapa saat setelah persalinan sampai beberapa hari, dan juga saat anda memberikan asi, karena pada saat menyusui akan merangsang hormon oksitokin yang juga berfungsi dalam kontraksi pada rahim. Mintalah obat pengurang rasa sakit bila perlu, dan jangan menahan kencing, karena kandungan kencing yang penuh akan menyebabkan rahim tidak berkontraksi secara efisien.


Bersambung.......

Oleh : Desiani

Kamis, 16 Desember 2010

GnuCash Bagian II


Tulisan sudah dipindah ke Desa Komputer.

Kamis, 09 Desember 2010

PERJALANANKU Bagian.IV.

Bekerja sebagai crew sebuah production house….

Kegiatan melamar-melamar pekerjaan dimulai lagi. Tetapi kali ini cukup lama saya belum juga mendapatkan pekerjaan. Untuk mengisi waktu luang, saya mendapat tawaran dari teman untuk bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang production house yang memproduksi sinetron dan FTV. Saya terima tawaran tersebut untuk mengisi waktu luang saya sekaligus untuk mencari pengalaman baru. Saya ditempatkan di lighting crew yang bertugas mengeset lampu-lampu untuk keperluan shooting sinetron. Suatu pekerjaan yang sama sekali tidak pernah terfikir oleh saya. Suatu pengalaman yang cukup menantang dan menyenangkan. Walaupun pekerjaan yang saya lakukan ini sangat menyita waktu dan tenaga, tetapi saya enjoy sekali melakukannya. Sudah 3 judul sinetron yang saya pernah bantu pembuatannya. Sampai pada akhirnya, saya mendapatkan panggilan kerja.

Bekerja di perusahaan retail alat survey….

(Adhika Laser, Cempaka Mas - Jakarta)

Pada saat wawancara untuk pekerjaan ini, saya sempat berfikir apakah saya mampu menjalani pekerjaan ini. Saya ditawarkan menjadi seorang sales yang bertugas menawarkan alat-alat survey untuk kebutuhan kontraktor atau pekerjaan di bidang konstruksi. Yang menarik dari pekerjaan ini, saya tertantang untuk menjual alat-alat yang memang masih baru di Indonesia. Lagi pula pasar yang harus dimasuki sudah jelas, seperti kontraktor, konsultan engineering, arsitek dan developer. Maka dengan tekad yang bulat saya putuskan untuk mencoba menerima pekerjaan ini.

Dua bulan pertama adalah masa untuk saya beradaptasi dan mempelajari semua jenis produk yang akan saya tawarkan. Karena latar belakang saya bukan dari bidang teknik, maka saya cukup lama untuk menyerap semua pengetahuan di bidang ini. Tetapi Alhamdulillah dengan semangat kerja yang saya miliki, akhirnya saya dapat menguasai produk yang akan saya jual. Dan pada bulan ketiga akhirnya saya dapat menjual barang tersebut.
Ternyata bekerja di bidang marketing cukup memuaskan. Saya dapat bertemu dengan banyak orang dan banyak mendapatkan pengalaman dari banyak pihak. Kemampuan saya makin lama makin terasah. Pada awalnya apabila saya mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan produk yang akan saya jual di hadapan klien, saya harus ditemani dengan atasan saya. Tetapi lama kelamaan saya diharuskan untuk maju sendiri.
Cerita tentang perusahaan ini akan saya jelaskan bahas lebih lanjut di kesempatan yang lain. Menarik…karena di perusahaan ini saya ikut mulai dari awal sekali sampai sekarang perusahaan ini masih eksis dan makin dikenal banyak orang terutama orang-orang yang bergerak di bidang property atau konstruksi.

Akhir cerita…..

Pekerjaan pertama yang saya jalani adalah bekerja di sebuah perusahaan kontraktor. Pekerjaan terakhir yang masih saya jalani sampai saat ini adalah bekerja di sebuah perusahaan yang banyak berhubungan dengan dunia kontraktor.
That’s it……………………..

Oleh : Desiani

PERJALANANKU Bagian.III.

Bekerja di perusahaan retail…

(PT. Indomarco Prismatama, cabang Tangerang, Toko Indomaret Wisma Lantana, Toko Indomaret Pondok Arum, Toko Indomaret Mutiara Garuda)

Satu bulan setelah saya mengundurkan diri dari pekerjaan yang terakhir, saya mendapat tawaran dari teman untuk bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang retail. Saya pun langsung pergi melamar ke perusahaan tersebut. Setelah mengikuti tes tertulis dan wawancara, akhirnya saya diterima bekerja di perusahaan itu. Tiga bulan masa percobaan, saya ditempatkan di toko di Jakarta. Setelah melewati masa percobaan tiga bulan, akhirnya saya mendapatkan penempatan di toko di Tangerang. Bekerja di perusahaan retail ini adalah pengalaman baru lagi buat saya. Pada awal masuk kerja saya mendapatkan posisi sebagai merchandiser. Saya bertanggungjawab terhadap kepala toko dan sekaligus membawahi beberapa orang pramuniaga dan kasir. Untuk posisi ini saya jalani selama satu tahun. Karena prestasi kerja yang baik, maka saya mendapat promosi sebagai Asisten Kepala toko. Tugas dan tanggung jawab saya hampir sama, tetapi beban moral makin terasa. Posisi sebagai seorang asisten kepala toko juga saya jalani dengan lancar. Dan dalam waktu satu tahun saya mendapatkan promosi lagi sebagai Kepala toko. Alhamdulillah…dalam waktu dua tahun saya sudah menjadi seorang Kepala toko. Prestasi ini cukup membanggakan, karena tidak semua karyawan mendapatkan kesempatan seperti saya. Sebagai seorang Kepala toko, saya bertanggung jawab terhadap Area Supervisor dan membawahi 11 orang karyawan. Beban pekerjaan dan moral makin tinggi. Satu setengah tahun saya jalani posisi ini dengan lancar, sampai pada satu kesempatan, saya dihadapi cobaan yang saya rasa cukup berat. Dimulai dari adanya pergantian Area Manager. Area Manager yang baru menuntut semua toko-toko yang berada di bawah kepemimpinannya harus selalu dalam performa yang baik. Apabila ada satu toko yang kurang performanya, maka beliau sangat marah sekali. Suatu waktu, toko yang saya pimpin berada dalam performa yang kurang baik. Karena hal tersebut, saya dihadapkan pada pilihan untuk mempertanggungjawabkannya. Pilihan yang harus saya ambil adalah bersedia mengundurkan diri atau akan diturunkan jabatannya. Dihadapkan pada pilihan tersebut, dengan berat hati, maka saya mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Bekerja di perusahaan retail lagi…

(PT. Mitra Infotek, franchisee Multiplus, Kelapa Gading)

Alhamdulillah..satu bulan setelah saya mengundurkan diri dari perusahaan tempat saya bekerja terakhir, saya mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan yang juga bergerak di bidang retail. Tetapi kali ini saya bukan di posisi frontliner, tetapi saya mendapatkan posisi di back office. Saya bertugas mengawasi atau mengontrol arus keluar masuk keuangan perusahaan. Setelah beberapa bulan saya bekerja, saya juga diminta untuk membawahi bagian personalia. Saya cukup enjoy dengan pekerjaan ini. Pada tahun kedua saya bekerja, perusahaan mengalami penurunan. Dengan alasan untuk efisiensi, atasan saya mengambil keputusan untuk mengurangi beberapa karyawan. Karena board management perusahaan ini dipegang oleh keluarga dari atasan saya, maka posisi sayapun akhirnya dipegang langsung oleh keluarga atasan saya dan sayapun akhirnya dirumahkan juga. Untuk yang kesekian kali saya berhenti dari pekerjaan saya. Saya pun kembali menganggur.

Oleh : Desiani

Senin, 06 Desember 2010

GnuCash Bagian I


Tulisan sudah dipindah ke Desa Komputer.

Jumat, 03 Desember 2010

Resep Kue Tape Kukus

Kue tape kukus ini bentuknya menyerupai bolu kukus pada umumnya, tapi kue tape kukus memiliki rasa yang berbeda. Kalau bolu kukus cenderung lembut di lidah, sedangkan kue tape kukus ini sedikit kenyal dan legit. Rasa gula merah dan tapenya begitu terasa di lidah. Cocok sekali untuk anda – anda penggemar rasa manis.

Kue tape kukus ini bisa menjadi alternatif penganjal perut saat anda lapar. Untuk oleh – oleh ketika anda berkunjung kerumah saudara atau kerabat. Untuk bekal perjalanan, teman saat anda minum kopi atau teh, suguhan ketika ada tamu, bisa juga jadi cemilan sehat untuk anak – anak di rumah.

Cara bikinnya tidak terlalu sulit kok, malah bisa dibilang sangat mudah. Karena tidak membutuhkan alat – alat yang tidak semua orang miliki, seperti mixer atau oven. Anda hanya membutuhkan cetakan bolu kukus, dandang untuk mengukus, panci untuk melarutkan air dan gula, mangkok ukuran besar untuk tempat adonan. Untuk bahannya juga tidak terlalu sulit anda dapatkan.

Bagi penikmat kuliner tidak ada salahnya mencoba resep kue tape kukus ini. Memang sih untuk mendapatkan kue tape kukus ini bukanlah hal yang sulit. Soalnya di toko – toko kue banyak sekali kue ini, di tempat jajanan pasar anda juga bisa membeli kue ini, di penjual kue keliling atau bahkan di pedagang – pedagang kue pinggir jalan juga ada kue tape kukus ini. Tetapi alangkah baiknya kalau anda membikin sendiri kue tape kukus ini, selain kebersihan terjamin, juga lebih irit. Dan pastinya anda bisa makan sepuasnya. Anda juga bisa menambah koleksi resep kue yang anda miliki.

Di bawah ini saya ada resep kue tape kukus yang sudah teruji. Saya dan keluarga sudah mempraktekkannya. Bahannya mudah didapat dan cara pembuatannya juga sangat mudah sekali. Tidak membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Yang pasti nggak ribet bikinnya.

Bahan-bahan :
  1. Gula Pasir 125 gr
  2. Gula merah (sisir) 125 gr
  3. Air 150 ml
  4. Tepung terigu 200 gr
  5. Telur 1 butir
  6. Minyak goreng 100 ml
  7. Tape 100 gr (haluskan)
  8. Baking powder 1 sdt
  9. Soda kue 1 sdt

Cara Membuat :
  1. Siapkan cetakan bolu kukus. Alasi dengan kertas cup, sisihkan. Siapkan dandang untuk mengukus.
  2. Masak gula pasir bersama gula merah dan air. Setelah mendidih dan gula larut, angkat dan dinginkan.
  3. Tepung terigu campur dengan larutan gula dan aduk hingga rata, tambahkan telur, aduk rata.
  4. Masukkan minyak goreng, aduk rata, tambahkan baking powder dan soda kue, aduk rata, diamkan selama 15 menit.
  5. Tuangkan kedalam cetakan dan kukus selama 20 menit, angkat.
  6. Sajikan dengan kelapa parut.




Oleh : Tina Gusty